Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli
DOI:
https://doi.org/10.59086/jak.v2i3.314Keywords:
Kinerja Karyawan , Harga Promosi , Kualitas Pelayanan , Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada Bloum's Cafe & Resto Medan. Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan pada Bloum's Cafe & Resto Medan sebanyak 375 pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,000 dan thitung sebesar 4,261. variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,000 dan thitung 6,134. variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,000 dan thitung 7,386. variabel harga, kompensasi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap minat beli.
This study aims to determine how the influence of price, promotion, and service quality on buying interest at Bloum's Cafe & Resto Medan. This study uses the SPSS application. In this study, the population used at Bloum's Cafe & Resto Medan was 375 customers. The method used in this research is a quantitative approach. The results of this study that the price variable has a positive and significant effect on buying interest with a significance of 0.000 and a tcount of 4.261. the promotion variable has a positive and significant effect on buying interest with a significance of 0.000 and tcount 6.134. The service quality variable has a positive and significant effect on buying interest with a significance of 0.000 and tcount 7.386. variable price, compensation, and quality of service simultaneously affect buying interest.
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Ahmed, Z., Rizwan, M., Ahmad, M., Haq, M., & Qadeer, F. (2017). Effect of price, service quality and brand image on customer satisfaction in Pakistan telecommunication sector. International Journal of Business and Social Science, 8(1), 111–120.
Alfatiha, R. A., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervensi. Jurnal Administrasi Bisnis, IX(IV), 522–529.
Anas, A. (2019). Pengaruh kenikmatan makanan dan kualitas pelayanan terhadap minat beli Sate Padang Kupak. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2), 1–20.
Delaney, J. T., & Huselid, M. A. (1996). The impact of human resource management practices on perceptions of organizational performance. Academy of Management Journal, 39(4), 949–969. https://doi.org/10.5465/256718
Dwivedi, Y. K., et al. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Ermawati, E., Utami, R. P., & Pakawaru, I. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen Nasi Kuning Puput di Kayumalue. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), 36–56. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.31.36-56
Fauzan, A., & Rohman, A. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat membeli sepeda motor Kawasaki. Jurnal Ecobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 9, 104–113.
Fure, H. (2013). Lokasi, keanekaragaman produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli di Pasar Calaca Tradisional Sehat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 273–283. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2023/1609
Gagné, M., & Deci, E. L. (2005). Self‐determination theory and work motivation. Journal of Organizational Behavior, 26(4), 331–362. https://doi.org/10.1002/job.322
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan strategi promosi terhadap minat beli. Jurnal Sains dan Penelitian, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Hasibuan, M. Z., & Siregar, H. (2021). Pengaruh persepsi harga terhadap minat beli smartphone Oppo. Jurnal Mutiara Manajemen, 6(1), 18–24.
Hermanto, & Hapsila, A. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap minat beli. Jurnal EKOBISTEK, 9(1), 93–99. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php
Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Ekonika: Jurnal Ekonomi, Universitas Kadiri, 5(2), 140. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh desain produk, pengetahuan produk, dan kesadaran merek terhadap minat beli produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Unity, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh tampilan web dan harga terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/marketing.14.1.35-43
Kim, J., & Jang, S. (2019). Cultural tourism experiences and perceived authenticity: A mixed-methods approach. Tourism Management, 74, 99–111. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2019.02.015
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kumar, A., Paul, J., & Unnithan, A. B. (2022). Masstige marketing: A review, synthesis and research agenda. Journal of Business Research, 141, 389–401. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.12.081
Meme, R., & Byre, R. O. (2020). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli konsumen Roxy Swalayan Ende. Analisis, 10(2), 1–13. https://doi.org/10.37478/als.v10i2.686
Mufida, S., Rachma, N., & Abs, M. K. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan keragaman produk terhadap minat beli ulang konsumen pada toko online Shopee (Studi kasus pada mahasiswa FEB UNISMA). Jurnal Riset Manajemen, Prodi Manajemen, 13–25.
Muiz, M., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh promosi penjualan dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang dalam mediasi variabel kepuasan konsumen (Survei konsumen GrabBike online di Kota Malang). Jurnal Riset Manajemen, 08, 186–199. http://research.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/2347/2204
Pantano, E., Pizzi, G., Scarpi, D., & Dennis, C. (2020). Competing during a pandemic? Retailers’ ups and downs during the COVID-19 outbreak. Journal of Business Research, 116, 209–213. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.036
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Pakpahan, M. (2020). Strategi peningkatan minat beli ulang produk obat Aptek PT Novell Pharmaceutical Labs Medan. Jumanji Stindo, 2(2), 151–156.
Powa, G. A., Lapian, J., & Wenas, R. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan word of mouth terhadap minat konsumen dalam membeli ponsel di kalangan mahasiswa Unsrat Februari 2018. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197.
Rahman, A. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada Restoran Gunung Sari 2 di Kawasan Sipaku. Jurnal Pioneers, 2, 9–14.
Rendhy Joshua Putra Sinambela. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada Portobello Café Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1–10.
Resha Ekawati, R., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga diskon terhadap minat beli pada Saboten Restoran Shokudo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Jiagabi, 9(1), 28–34.
Salim, A., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh lokasi, keragaman produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli di Pasar Raya Amahami (Kota Bima). Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 132–140. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.740
Salsyabila, S. R., Pradipta, A. R., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap minat beli pada marketplace Shopee. Manajemen, 13(1), 37–46.
Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh kepuasan pelanggan belanja online terhadap kepuasan konsumen remaja di Situbondo. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), 107–116.
Setiawan, W., & Safitri, K. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang Beras Batang Gadis pada Agen S. Riyadi melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah MEA, 3(3), 223–237. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss3.pp223-231
Shabrina, S. A., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat membeli ulang dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, IX(IV), 475–482.
Solihin, D. (2020). Pengaruh kepercayaan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di TokOnline Mikaylaku dengan minat pembelian sebagai variabel intervening. Jurnal Independen: Sains, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Suroso, B. H., & Iriani, S. S. (2014). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap minat beli Mie Sedap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1174–1185. http://ejournal.unesa.ac.id/article/13335/56/article.pdf
Tumonggor, K. K. R., & Sudjiman, P. E. (2022). Pengaruh promosi terhadap minat pembelian konsumen Alfamart Braga Jalan Braga No. 66, Kota Bandung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 2003–2005.
Umar Bakti, H., & Alie, M. S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, produk, dan harga terhadap minat beli pada toko online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 18.
Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator (Survei konsumen pada jejaring sosial). Jurnal Manajemen, 8(1), 20–41.
Yoo, B., Donthu, N., & Lee, S. (2000). An examination of selected marketing mix elements and brand equity. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 195–211. https://doi.org/10.1177/0092070300282002
Yuliana, W., & Febriyani, E. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap minat beli penumpang Bus Damri di Unit Angkutan Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(Mei), 4. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/691/442
Zein, L. M., & Zaini, A. (2019). Pengaruh promosi dan lokasi terhadap minat beli pada Malang Muslim Mart. JAB Journal of Business Applications, 5(2), 3–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Josua Haripendi Panjaitan, Putri Cornelia Manik, Ricky Rafii Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Mandiri Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.