Kualitas Pelayanan Pelaksanaan Program Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban (K3) di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh
Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Kebersihan, Keindahan, KetertibanAbstract
Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh memiliki tugas pelayanan publik dalam penanganan sampah, tetapi permasalahan sampah sampai saat ini belum sepenuhnya teratasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kualitas pengelolaan sampah pada pelaksanaan program Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban (K3) di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil Penelitian didapatkan kualitas pelaksanaan program K3 cukup memuaskan, akses pengaduan masyarakat melalui web, telepon, email dan sosial media. DLHK3 Kota Banda Aceh memberikan jaminan pelayanan kebersihan dengan menempatkan petugas yang memiliki pengetahuan dan etika. DLHK3 menyediakan wadah komunal dan kontainer di beberapa lokasi strategis. Pengelolaan sampah dilakukan dengan melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah dengan tiga zona jam operasional pada pukul 06.00-10.00 wib (zona I), 08.00-12.00 wib (zona II) dan 20.00-24.00 wib (zona III). Pemilahan dilakukan dengan metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Pengelolaan sampah dilakukan dengan membedakan sampah organik dan organik dengan metode Waste Collecting Point mencakup pemilahan sampah dari sumber, jadwal pengumpulan, pengawasan, pembinaan petugas serta pengangkutan. Disarankan DLHK3 dapat mengembangkan pengelolaan sampah agar bernilai ekonomis serta melaksanakan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah secara berkelanjutan
References
Afifah, N. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Kota Batu (Studi Kasus Kantor Urusan Agama se-Kota Batu). Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Aftahudin, A., Nastia, N., & Sadat, A. (2022). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Penanganan Sampah Di Kelurahan Wameo Kecamatan Batupoaro Kota Baubau. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6715–6722.
Amrullah, Heri Kurniawansyah, & Rismawati. (2021). Implementasi Program Kebersihan, Keindahan,Dan Ketertiban (K3)Di Desa Labuhan Aji Kecamatan Labuhan Badas. Jurnal Kapita Selekta Administrasi Publik, 2(2), 67–72.
Engkus, Ainyna Rachmadianty Azan, Alliadzar Hanif, & Anisa Tiara Fitr. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 39–46. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i1.62
Hamid, R., Radji, D. L., & Ismail, Y. L. (2020). Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 27–38. https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7105
Harahap, A. A. U. (2021). Peran PT. Permodalan Nasional Madani Dalam Pemberian Pinjaman Modal Usaha. Dalam Jurnal Serambi Konstruktivis, 3(2), 6.
Harahap, A. A. U., & Satria, H. (2023). The Role Of Aceh Financial Institution To Manage Salary For Government Employees (ASN) In Banda Aceh City. Al-Ahkam: Jurnal Syariah Dan Peradilan Islam, 3(1), 1–12.
Jannah, W. (2019). Proses Pengolahan Sampah Plastik di Lembaga Generasi Bintang Sejahtera. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 2019.
Ma’dika, H. B., Waani, F. J., & Kawung, E. J. R. (2022). Sistem Pengolahan Sampah Berbasis Modal Sosial Masyarakat Di Pasar 45 Kota Manado. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.
Mursyidah, L., & Choiriyah, I. U. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Publik. Umsida Press.
Pambudi, A. S., & Hidayat, R. (2022). Kinerja Pengawasan Pelayanan Publik dalam Prioritas Nasional. Bappenas Working Papers, 5(2), 270–289. https://doi.org/10.47266/bwp.v5i2.131
Putra, T. M. (2019). Pelayanan Publik, Good Governance, dan Ketahanan Nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.
Rahmatullah, I. (2023). Pelatihan Implementasi Pemilahan Sampah Plastik Di SDN 001 Samarinda Utara. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 3(1), 124–126.
Resmaeni, O. (2023). Implementasi Program KangPisMan dalam Pengelolaan Sampah di Lingkungan Kelurahan Sukamiskin. 01, 7–11.
Ridho, H. (2022). MEBIDANGRO: Kerja Sama dalam Pengolahan Sampah Perkotaan. Jejak Pustaka.
Sari, N., Amrina, D. H., & Rahmah, N. A. (2021). Kajian Dampak Sampah Rumah Tangga Terhadap Lingkungan Dan Perekonomian Bagi Masyarakat Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung Berdasarkan Perspektif Islam. Holistic Journal of Management Research, 6(2), 42–59. https://doi.org/10.33019/hjmr.v6i2.2734
Sepriano, S., Hikmat, A., Munizu, M., Nooraini, A., Sundari, S., Afiyah, S., & Indarti, C. F. S. (2023). Transformasi Administrasi Publik Menghadapi Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Wibowo, D. O. A. (2020). Hubungan Disiplin Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Puri Kabupaten Mojokerto (Doctoral d). Stikes Bina Sehat PPNI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stigma Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access journal. All works are published under the Creative Commons license CC-BY which means that all content is freely available at no charge to the user or his/her Institution. Users are allowed to read, download, copy, write, improve, and create derivative creation even for other lawful purposes, this license permits anyone to, as long as they cite and license the derivative creation under similar terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.