Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Profitabilitas

Authors

  • Achiruddin Siregar STIE PMCI
  • Dian Islamiyati Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Hilman Hidayat Universitas Teknologi Bandung
  • Detti Meilandri Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Nunung Suryana Jamin Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v4i1.931

Keywords:

generasi muda, strategi pemasaran, profitabilitas

Abstract

Generasi muda merupakan penerus masa depan bangsa yang memiliki potensi besar untuk mendorong perubahan sosial dan ekonomi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan partisipatif melalui metode pelatihan, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan kepada siswa SMKS YWKA dalam merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang terencana dan profesional. Berdasarkan hasil evaluasi, ditemukan bahwa sebagian besar peserta sebelumnya belum memahami konsep strategi pemasaran dan profitabilitas secara komprehensif. Setelah mengikuti pelatihan, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan profitabilitas usaha. Dengan demikian, kegiatan pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi kewirausahaan dan keterampilan praktis generasi muda, sekaligus mendorong lahirnya calon wirausahawan muda yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing di masa depan.
 
Young people are the nation’s future generation and possess great potential to drive social and economic transformation. This community service activity was carried out using a participatory approach through training sessions, group discussions, and hands-on practice. The main focus of this program was to enhance the knowledge and skills of SMKS YWKA students in designing and implementing well-planned and professional marketing strategies. The results showed that most participants initially lacked an understanding of marketing strategy and profitability concepts. After participating in the training, there was a significant improvement in their ability to develop effective marketing strategies aimed at increasing business profitability. Therefore, this training proved to be effective in improving entrepreneurial literacy and practical skills among young people, while fostering the emergence of creative, innovative, and competitive young entrepreneurs for the future

References

D. Wahyono, G. J. Windarto, A. Tulim, Y. Suprihartin, and Taryana, “Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Marketplace Shopee,” JEMSI, vol. 9, no. 5, pp. 1983–1990, 2023, [Online]. Available: https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0

Wulandari, R. R. R. Cindrakasih, E. E. D. Setyorini, A. Siregar, and P. Junianto, “Pengaruh Kemudahan Pembayaran Menggunakan QRIS , Komunikasi Pemasaran , Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Artif. Intell. Digit. Bus. Homepage, vol. 4, no. 1, pp. 471–477, 2025.

N. Widyastuti, B. S. Dwiyanto, Nuralam, Jemadi, and S. E. Sabardini, “Pentingnya Strategi Pemasaran bagi Pelaku UMKM di Wilayah Kabupaten Bantul Provinsi DIY Niken,” Jumas J. Masy., vol. 04, no. 02, pp. 12–17, 2025.

M. I. Hutabarat, L. M. B. Gaol, and R. S. Zalukhu, “PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY PADA,” PJEB PERWIRA J. Econ. Bus. E-ISSN 2775-572X Vol. 5 Nomor 1 Februari 2025 Anal., vol. 5, no. 1, pp. 89–99, 2025.

E. Nurhayaty, F. Farman, and D. Wahyono, “Pengaruh E-Commerce , Digital Marketing , Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Generasi Z di Jakarta,” J. Kaji. Ekon. Bisnis Islam, vol. 6, no. 5, pp. 1687–1697, 2025.

M. I. Hutabarat, “Rasio Keuangan Mempengaruhi Profitabilitas Pada Bank Persero di Bursa Efek Indonesia,” J. Manag. Accounting, Econ. Bus., vol. 02, no. 02, pp. 25–38, 2021.

A. R. Nugraha, D. Wahyono, A. Siregar, Y. Setianti, and A. S. Tampubolon, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan,” J. Akuntansi, Manaj. dan Ilmu Ekon., vol. 10, no. 2, pp. 297–303, 2024, doi: 10.35870/jemsi.v10i2.2332.

A. Risdwiyanto, D. Wijono, D. A. Kusumawati, E. Sri, and P. A. Nurani, “Urgensi Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM di Wilayah Kabupaten Sleman Provinsi DIY,” Jumas J. Masy., vol. 04, no. 02, pp. 6–11, 2025.

D. F. Sjoraida, B. Simamora, N. D. M. S. Diwyarthi, Y. Setianti, and S. Aisyah, “Analisa Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Electronic Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian,” J. EMT KITA, vol. 8, no. 3, pp. 1769–1776, 2024, doi: 10.35870/jemsi.v10i3.2538.

M. I. Hutabarat, E. Firmansyah, and A. Siregar, “Operating Cost Against Operating Income, Net Interest Margin, Capital Adequacy Ratio and Loan to Deposit Ratio on Profitability,” Enrich. J. Manag., vol. 12, no. 5, 2022.

M. I. Hutabarat, S. Harhap, I. Wulandari, and N. Ervina, “Analisis Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan, dan Efektivitas Pengambilan Keputusan terhadap Kinerja UMKM,” El-Mal J. Kaji. Ekon. Bisnis Islam, vol. 6, no. 1, pp. 119–128, 2025, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/153523699.pdf

M. Susilawati, D. Meilandri, Nurhanimah, E. P. Ningrum, and J. Chandra, “PKM Pentingnya Akuntansi bagi Pelaku UMKM,” Jumas J. Masy., vol. 04, no. 02, pp. 1–5, 2025.

T. Agustini and Widarti, “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DAN PEMBUKUAN PENJUALAN BAGI PELAKU UMKM DI KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN,” Batara Wisnu J. Indones. J. Community Serv., vol. 5, no. 1, pp. 444–452, 2025, doi: 10.53363/bw.v5i1.385.

D. R. Afandi, D. Wahyono, Widyastuti, A. R. Nugraha, and Y. Novita, “Pengaruh Social Media Marketing , Harga dan Brand Image Terhadap Minat Beli,” vol. 8, no. 2, pp. 650–658, 2024.

Yatimin, T. Widiyastuti, and A. K. Jama, “Analisis Pengaruh Financial Literacy, Parent’s Income, dan Emotional Intelligence terhadap Financial Behavior pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul,” J. EMT KITA, vol. 9, no. 1, pp. 63–70, 2025.

M. I. Hutabarat, “Pengaruh ROA, Pertumbuhan Penjualan, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman di BEI,” Owner, vol. 6, no. 1, pp. 348–358, 2022, doi: 10.33395/owner.v6i1.589.

M. I. Hutabarat, T. Widiyastuti, Duffin, and N. Ervina, “Analysis of the Influence of the Ability to Prepare Financial Reports, Financial Literacy and Financial Inclusion on the Financial Performance of MSMES,” Ilomata Int. J. Tax Account., vol. 5, no. 2, pp. 519–534, 2024, doi: 10.61194/ijtc.v5i2.1170.

Y. Novita, “Analisis Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Kewirausahaan Sosial,” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi) Available, vol. 11, no. 2, pp. 774–781, 2025, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13843

M. I. Hutabarat, E. Firmansyah, S. Sitompul, P. Loo, N. D. Harahap, and F. Y. Zai, “Meningkatkan Kesadaran Kaum Muda dengan Memahami Penghasilan Tidak Kena Pajak bagi Siswa SMA Swasta Indonesia Membangun Medan,” Bima Abdi J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 40–48, 2022, doi: 10.53299/bajpm.v2i1.126.

Y. Novita, “Pengaruh E-Commerce , Digital Marketing , Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Generasi Milenial,” JEMSI, vol. 10, no. 5, pp. 3004–3011, 2024.

A. S. Tampubolon, D. Wahyono, Ersanti, R. A. P. K. Dewi, and E. M. M, “PKM : Pentingnya Manajemen Pemasaran Bagi Pelaku UMKM,” J. Soc. Work Empower., vol. 4, no. 3, 2025.

M. I. Hutabarat, J. Junaidi, and Saleh Sitompul, “Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi Usaha Raja Burger dan Kebab,” Joong-Ki J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 386–391, 2023, doi: 10.56799/joongki.v2i2.1663.

M. I. Hutabarat, N. D. Harahap, and A. Siregar, “Pengenalan Pembukuan Akuntansi Sederhana pada Guru Madrasah Tsanawiyah Azzidin Medan,” Bima Abdi J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 78–83, 2022, doi: 10.53299/bajpm.v2i2.199.

Downloads

Published

04/20/2025

How to Cite

Siregar, A., Islamiyati , D., Hidayat, H., Meilandri, D., & Jamin, N. S. (2025). Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Profitabilitas. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 30–34. https://doi.org/10.59086/jpm.v4i1.931

Issue

Section

Articles