Edukasi Anti Bullying Melalui Ecoprint: Strategi Kreatif Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa

Authors

  • Nurmayasari Nurmayasari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Andryana Andryana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ela Safitri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Noer Djanius Sahfitri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Firahmi Rizky Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v3i3.583

Keywords:

Edukasi Anti Bullying, Ecoprint

Abstract

Tujuan EDUKASI ANTI BULLYING untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman di kalangan anak-anak, remaja, orang tua, dan pendidik tentang perilaku bullying. Kegiatan ECOPRINT juga merupakan salah satu metode yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat untuk mengedukasi siswa. Kegiatan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan seni tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami fenomena bullying dan potensi pengembangan ecoprint di masyarakat. Metode ini dipilih karena mampu menggambarkan secara mendalam kondisi sosial dan dinamika masyarakat desa melalui pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Penelitian ini juga menerapkan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan partisipasi aktif warga desa. Hasil dan Pembahasan Secara keseluruhan, program ini berhasil menyentuh dua aspek penting dalam pendidikan anak: pencegahan bullying dan pelestarian lingkungan. Melalui program edukasi anti-bullying, mahasiswa tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membangun karakter positif pada siswa. Sementara itu, kegiatan ecoprint memperkaya pengalaman belajar siswa dengan keterampilan praktis yang dapat meningkatkan kreativitas mereka. Dengan pendekatan yang inovatif dan partisipatif ini, diharapkan generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang lebih peduli terhadap diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar mereka.

The aim of ANTI-BULLYING EDUCATION is to increase awareness and understanding among children, teenagers, parents and educators about bullying behavior. ECOPRINT activities are also one of the methods used in community service programs to educate students. This activity not only teaches art skills but also raises awareness of the importance of protecting the environment. This research uses a descriptive qualitative approach to understand the phenomenon of bullying and the potential for developing ecoprints in society. This method was chosen because it is able to describe in depth the social conditions and dynamics of village communities through direct observation, interviews and documentation of activities. This research also applies the Participatory Action Research (PAR) method which involves the active participation of village residents. Results and Discussion Overall, this program succeeded in touching on two important aspects of children's education: bullying prevention and environmental preservation. Through anti-bullying education programs, students not only provide knowledge but also build positive character in students. Meanwhile, ecoprint activities enrich students' learning experiences with practical skills that can increase their creativity. With this innovative and participatory approach, it is hoped that the younger generation can grow into individuals who care more about themselves, others and the environment around them.

References

Apreriri Cahyani, T., Nurhaningsih, T., Karnati, N., & Rahmawati, D. (2024). Kuliah kerja nyata sebagai implementasi pendidikan berbasis masyarakat di perguruan tinggi. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.47861/jkpunalanda.v2i2.726

Chasana, I. S., Safitra, H. R., Putri, R. K. A., & Muthia, R. (2024). Implementasi Kuliah Kerja Nyata: Strategi Peningkatan Kualitas Melalui Pendamping Pendidikan Pengabdian Masyarakat. Pemberdayaan Masyarakat: Jurnal Aksi Sosial, 1(4), 28-40.

https://cawet.digitaldesa.id/berita/stop-bullying-mahasiswa-kkn-ump-berikan-edukasi-kepada-siswa-siswi-sd-negeri-02-cawet-tentang-bahayanya-bullying

https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/50581/intervensi/647007/edukasi-bullying-di-sdn-kapasan-4-surabaya

Mahmudah, W. R., Hasan, N., (2022). Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Melakukan Tindakan Preventif Terhadap Bullying: Studi Kasus Kelas 9 Mts Nu Cantigi, Vicratina: Jurnal Ilmiah 7.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Rima Dwi Fitrian, A., Ajeng Rahayu Mutmainnah, Z. A. N. W., Fajar Cahya Putra, C. G. A., & Dhian Satria Yudha Kartika. (2023). Pendampingan pendidikan oleh mahasiswa KKN: Memupuk semangat belajar siswa-siswi TK & KB Dahlia. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 313–317.

Shafwan Amrullah, D., Devi Tanggasari, A. A., Lalu Heri Rizaldi, M. Mikhratunnisa, & A. Ardiansyah. (2023). Pelatihan inovasi pemanfaatan hasil laut menjadi abon dan kerupuk ikan Desa Labu Ijuk Kabupaten Sumbawa. Safari: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 146–154. https://doi.org/10.56910/safari.v3i3.717

Downloads

Published

01/18/2025

How to Cite

Nurmayasari, N., Andryana, A., Safitri, E., Sahfitri, N. D., & Rizky, F. (2025). Edukasi Anti Bullying Melalui Ecoprint: Strategi Kreatif Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.59086/jpm.v3i3.583