Pelatihan Pemasaran Dan Digital Marketing Inovasi Batik Mangrove

Authors

  • Ricky Rafii Ritonga Universitas Prima Indonesia
  • Yovie Ernanda Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v3i1.427

Keywords:

Pemasaran, Digital Marketing, Inovasi Batik

Abstract

Tujuan dilakukanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tema Pelatihan Pemasaran dan Digital Marketing Inovasi Batik Mangrove di Desa Tanjung Rejo Kabupaten Deli Serdang adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai digital marketing serta pelatihan penerapan digital marketing. Metode yang di gunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu melalui ceramah dan praktik langsung penerapan digital marketing. Tahapan pelaksanaan acara ini meliputi pembukaan dan pengenalan digital marketing, pemaparan tentang digital marketing, pemaparan tentang beberapa masalah yang sering dihadapi UMKM, pemaparan tentang beberapa istilah asing berkaitan digital marketing kemudian dilanjutkan praktik yang berkaitan dengan digital marketing.

The aim of carrying out this community service activity with the theme Marketing Training and Digital Marketing of Mangrove Batik Innovation in Tanjung Rejo Village, Deli Serdang Regency is to provide knowledge about digital marketing as well as training in the application of digital marketing. The method used in carrying out this activity is through lectures and direct practice in implementing digital marketing. The stages of implementing this event include opening and introducing digital marketing, a presentation about digital marketing, an explanation of several problems often faced by MSMEs, an explanation of several foreign terms related to digital marketing, then continued with practices related to digital marketing

References

Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013). Pelatihan E-Commerce Dan Digital Marketing Pada Umkm Kota Sawahlunto Ketua. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Ilham, M., Baladraf, F., Sembodo, G., & Ulfah, L. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya, 01(1).

Rakib, M., Syam, A., Marhawati, & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Dedikasi, 22(2), 129–134.

Subandi. (2020). Pelatihan Pemasaran Ekspor Melalui Internet Bagi Oleh : J-Abdimas.

Syahniar, T. M. (2018). Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat. 6 (November), 1–15.

Downloads

Published

02/01/2024

How to Cite

Ritonga, R. R., & Ernanda, Y. (2024). Pelatihan Pemasaran Dan Digital Marketing Inovasi Batik Mangrove . Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–10. https://doi.org/10.59086/jpm.v3i1.427

Issue

Section

Articles