Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Kesejahteraan UMKM

Authors

  • Jufrizen Jufrizen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Soeltan Mahzar Zein Universitas Muhammadiyah Sumater Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v2i3.350

Keywords:

Digital Markerting, Pelaku UMKM, Uaha Lengkong

Abstract

Pemasaran Digitaal merupakan suatu terobosan yang dilakukan untuk peningkatan hasil penjualan para pelaku UMKM di Kecamatan Medan Tembung. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini menggunakan metode Pelatihan yang diberikan kepada para pelaku UMKM Lengkong di Kecamata Medan Tembung. Hasil nya adalah para pelaku UMKM mendapat pengetahuan tentang pentingnya pemasaran/promosi bagi uasha yang mereka jalankan, karena dengan dilakukannya pemasaran/promosi ke media digital para pedagang dapat mengenalkan produknya ke dunia media hingga dapat meningkatkan penjualan dan untuk memperluas usaha mereka.

Digital Marketing is a breakthrough made to increase sales results for MSME players in Medan Tembung District. This community service activity uses training methods provided to Lengkong MSMEs in Medan Tembung District. The result is that MSME players gain knowledge about the importance of marketing/promotion for the business they run, because by marketing/promoting on digital media, traders can introduce their products to the world of media so they can increase sales and expand their business.

References

Apasrawirote, D., Yawised, K., & Muneesawang, P. (2022). Digital marketing capability: the mystery of business capabilities. In Marketing Intelligence and Planning (Vol. 40, Issue 4). https://doi.org/10.1108/MIP-11-2021-0399

Dibha, B. S., & Karsa, S. I. (2023). Strategi Digital Marketing (@Mawarweddingservice) dalam Meningkatkan Konsumen Melalui Media Sosial. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i1.6630

Juandi, M. (2021). Strategi Pemasaraan Digital Melaui Sosial Media Dalam Meningkatan Penjualan Usaha Buket di Kelurahan Tuah Karya Menurut Ekonomi Syariah. Frontiers in Neuroscience, 14(1).

Langan, R., Cowley, S., & Nguyen, C. (2019). The State of Digital Marketing in Academia: An Examination of Marketing Curriculum’s Response to Digital Disruption. Journal of Marketing Education, 41(1). https://doi.org/10.1177/0273475318823849

Latumahina, B. S., Nugrahanto, C. S., Daniel, D., Ermawati, E., Damanik, J. G., Christiyanto, L. E., Nurmawan, M., Angelita, M., Mulyono, R. K. A., Kirana, S. N., & Widiastiani, N. S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program KKN Society 5.0 di Desa Planjan Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Atma Inovasia, 1(2). https://doi.org/10.24002/jai.v1i2.3895

Maruli Tua, S., & Situmerang. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sebagai Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian.

Muna, C. (2022). Eksistensi Peran Mahasiswa Dalam Pengabdian Masyarakat. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 01(01).

Sari,Cahyani Tunggal., & Etty Indrian.(2017).Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM Kub Murakabi Desa Ngargoyoso. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat,Volume1,Nomor 1

SIMKKN UMSU, 2021, Tentang Kuliah Kerja Nyata Mandiri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan:https://simkkn.umsu.a c.id/

Suryana, S. (2018). Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2).

Downloads

Published

10/09/2023

How to Cite

Jufrizen, J., & Zein, S. M. (2023). Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Kesejahteraan UMKM. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 68–72. https://doi.org/10.59086/jpm.v2i3.350