Stimulasi Brain Gym Dalam Rangka Mendukung Perkembangan Anak Prasekolah Di Paud Dan TK Tuah Bersama Desa Lembah Alas

Authors

  • Halimatussakdiyah Lubis Universitas Nurul Hasanah Kutacane
  • Yusnaini Universitas Nurul Hasanah Kutacane
  • Siska Putri Belangi Universitas Nurul Hasanah Kutacane

DOI:

https://doi.org/10.59086/jpm.v2i1.227

Keywords:

ANAK PRASEKOLAH, BRAIN GYM, PERKEMBANGAN ANAK

Abstract

Program Brain Gym merupakan salah satu cara untuk merangsang anak-anak, dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi tingkat kecemasan. Kegiatan sosialisasi program Brain Gym ini dilaksanakan di PAUD dan TK Tuah Bersama 1 (satu) bulan dari 15 November sampai 16 Desember 2022 dilaksanakan pada 5 guru sebagai kader, dan  30 orang siswa PAUD dan TK Tuah Bersama. Proses pelatihan kegiatan Brain Gym dilakukan dengan memutar video Brain Gym, dan tim pengabdian masyarakat menjadi panutan, bersama dengan 5 orang guru yang menjadi kader melakukan Brain Gym untuk siswa PAUD dan TK Tuah Bersama Desa Lembah Alas. Peserta sangat antusias selama proses sosialisasi, dan tidak ada satu orang pun yang meninggalkan rangkaian acara tersebut. Peserta telah menerima materi sosialisasi mengenai Brain Gym, toilet training, dan 7 cara mencuci tagan melalui program stimulasi Brain Gym dan masih memerlukan sosialisasi lebih lanjut dan pendampingan terkait program Brain Gym dalam rangka mendukung perkembangan anak prasekolah.

References

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Khasanah, N. A., Adiesti, F., Safitri, C. A., & Diana, S. (2022). Stimulasi Brain Gym terhadap Perkembangan pada Anak Prasekolah. Jurnal ABDIMAS-HIP : Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 5–10. https://doi.org/10.37402/abdimaship.vol3.iss1.177

Mokoginta, R. R., Mamentu, P., & Yahya, I. M. (2017). SEKOLAH DASAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MANADO Jurnal Kesehatan : Amanah Prodi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Manado. 6(7), 29–33.

Pramesti, T. A., Sastrawan, K. B., & Wardhana, Z. F. (2018). PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH Proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alamiah , tetapi proses sangat belajar ini menjadikan siswa tidak sekolah dasar di seluruh dunia di bawah koordinasi The Internat. Bali Health Journal, 2(1), 13–22.

Pramita, Indah; Diaris, N. M. (2020). Stimulasi Brain Gym Kepada Siswa Paud Di Sang. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 39–44.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan anak usia dini https://books.google.co.id/books?id=O0xWEAAAQBAJ&lpg=PP1&dq=Pendidikan%20Anak%20Usia%20dini&lr&pg=PP1#v=onepage&q&f=false. 21 Desember 2022 (16)

Downloads

Published

04/30/2023

How to Cite

Lubis, H., Yusnaini, & Belangi, S. P. (2023). Stimulasi Brain Gym Dalam Rangka Mendukung Perkembangan Anak Prasekolah Di Paud Dan TK Tuah Bersama Desa Lembah Alas . Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.59086/jpm.v2i1.227

Issue

Section

Articles