Integrasi Teori Motivasi dalam Pembelajaran PAI: Strategi Meningkatkan Keterlibatan Belajar Peserta Didik Abad 21

Authors

  • Muchammad Iqbal Chailani Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung
  • Abdul Wahab Fahrub Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung
  • Farach Feby Febyola Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v4i1.737

Keywords:

Motivasi , Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak motivasi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di institusi pendidikan. Metode yang dipakai adalah kajian literatur dengan analisis konten berbagai teori motivasi serta aplikasi dalam konteks pembelajaran PAI. Informasi diperoleh dari sejumlah sumber seperti buku, jurnal, dan dokumen terkait selama masa penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi berperan krusial dalam meningkatkan ketertarikan dan pencapaian akademik siswa, terutama jika materi PAI dapat diimplementasikan sebagai pedoman perilaku sehari-hari. Hasil ini menekankan bahwa penguatan motivasi belajar yang beragam dan relevan dapat menjadikan teori PAI lebih berarti dan praktis. Sebagai kesimpulan, pengintegrasian teori motivasi dalam pembelajaran PAI tidak hanya merangsang semangat belajar peserta didik, tetapi juga mendorong mereka untuk mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan dengan lebih nyata dalam kehidupan. Rekomendasi praktis dari penelitian ini menyarankan agar pendidik merancang strategi motivasi yang sesuai dengan kebutuhan serta karakter siswa, guna mencapai tujuan pendidikan agama dengan lebih efektif.
This study aims to analyze the impact of motivation on improving the quality of Islamic Religious Education (PAI) learning in educational institutions. The method used is a literature review with content analysis of various motivation theories and their application in the context of PAI learning. Information was obtained from several sources such as books, journals, and relevant documents during the research period. The research findings indicate that motivation plays a crucial role in enhancing students’ interest and academic achievement, especially when PAI material can be implemented as a guide for daily behavior. These results emphasize that strengthening diverse and relevant learning motivation can make PAI theory more meaningful and practical. In conclusion, integrating motivational theory into PAI learning not only stimulates students’ enthusiasm for learning but also encourages them to apply religious values more genuinely in daily life. Practical recommendations from this study suggest that educators design motivational strategies suited to the needs and characteristics of students, in order to achieve the goals of religious education more effectively.
 

References

Amni Fauziah, dkk. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnas Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 83.

Amni Fauziah, D. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnas Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 50.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc CLelland. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 1(1), 50.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10, 14.

Hamruni. (2014). Pembelajaran Berbasis Edutainment : Landasan Teori dan Metode-Moetode Pembelajaran Aktif Menyenangkan (PAIKEM). CV. Investidaya.

Lisa, G. &. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 12, 83.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMKN 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika.

Sardiman. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar : Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. PT Raja Grafindo.

Sardiman. (2005a). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Sardiman. (2005b). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Sardiman. (2005c). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Sardiman. (2005d). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Sardiman. (2005e). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Sardiman. (2005f). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Sardiman. (2005g). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theoris and Educational Perspektive: Teori-Teori Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Suhardi. (2013a). The Science Of Motivation. Elex Media Komputindo.

Suhardi. (2013b). The Science Of Motivation. Elex Media Komputindo.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis di Bidang Pendidikan (J. B. Aksara (ed.)).

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Chailani, M. I., Fahrub, A. W., & Febyola, F. F. (2025). Integrasi Teori Motivasi dalam Pembelajaran PAI: Strategi Meningkatkan Keterlibatan Belajar Peserta Didik Abad 21. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 26–36. https://doi.org/10.59086/jkip.v4i1.737

Issue

Section

Artikel