Membangun Generasi Unggul Dengan Layanan BK Di Yayasan Harapan Umat Karawang
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.382Keywords:
Counseling Guidance, BK Service, SchoolAbstract
Layanan bimbingan dan konseling (BK) di sekolah merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai potensi maksimalnya dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan dimensi pribadi, akademik, sosial dan karir siswa. Melalui BK, siswa dibantu dalam mengidentifikasi potensi, bakat, minat, dan mengatasi permasalahan yang mungkin dihadapi dalam proses pembelajaran dan pengembangan pribadinya. BK juga membantu siswa merencanakan jalur pendidikan dan karir yang sesuai dengan minat dan keterampilannya. Selain itu, layanan BK juga berperan dalam membentuk karakter peserta didik, mengedepankan nilai-nilai moral dan etika, serta memberikan dukungan terkait kesehatan jasmani dan rohani. Dengan demikian, BK di sekolah berperan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.
Guidance and counseling (BK) services in schools are an important component in the education system that aims to help learners reach their full potential in various aspects of life. The main objective is to develop the personal, academic, social and career dimensions of the student. Through BK, students are assisted in identifying potential, talents, interests, and overcoming problems that may be encountered in the process of learning and their personal development. BK also helps students plan educational and career paths that match their interests and skills. In addition, BK services also play a role in shaping the character of students, promoting moral and ethical values, and providing support related to physical and spiritual health. Thus, BK in schools plays an important role in creating quality human resources
References
Diaty, R., Arisa, A., Ari Lestari, N. C., & Ngalimun, N. (2022). IMPLEMENTASI ASPEK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2). https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5244
Kurniati, E. (2018). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH; PRINSIP DAN ASAS. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.54-60
Mulyadi. (2019). Pelaksanaan Dan Pengelolaan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sd/Mi. Al-Taujih, 5(2).
Rahmawati, F., & Handoyo, A. W. (2020). Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Layanan Dan Peran Bimbingan Dan Konseling. … Bimbingan Dan Konseling, 5(2).
Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, III(1).
Ramdhani, D. H. (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Edukasi, Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1).
Rasyid, A., & Muhid, A. (2020). Pentingnya E-Counseling dalam Pelayanan BK di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Journal of Education, Psychology and Conseling, 2(2).
Rosada, U. D., Kurniasih, C., & Aji, B. S. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Berbasis Local Wisdom. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1).
Saputra, A. D. (2022). Peran Guru Kelas Dalam Mengampu Tugas Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2). https://doi.org/10.35931/am.v6i2.977
Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen Marketing Jasa Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335
Sugiyono PD. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (22nd ed.). Bandung: ALFABETA, CV.
Sutirna. (2019). BIMBINGAN KONSELING (Pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal). In Penerbit Andi.
Yulmi, D., Efni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Krimah, H. (2017). Kerjasama Personil sekolah dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003213000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firda Rahma Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.