Upaya Meningkatkan Hafalan Siswa Dengan Metode Yadain Pada Mata Pelajaran Tahfiz Kelas VIII MTS Darul Arafah Pangkalan Brandan
DOI:
https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.223Keywords:
Hafalan Siswa, Metode Yadain, Tahfiz Al Qur’anAbstract
Penerapan metode kreatif dan inovatif dalam pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal sehingga guru lebih cenderung menggunakan metode konvensional dalam bentuk berceramah, pemberian tugas dan tanya jawab. Belum tersedianya media berupa Al-Qur’an di Madrasah, sehingga penggunaan metode Yadain belum berjalan secara efektif dan efesien .Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (PTK) dengan menggukan siklu I sampai siklus selanjutnya. Metode pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara, dan tes. Hasil pelaksanaan penelitian ini yaitu Penerapan Metode Pembelajaran Yadain dalam meningkatkan Hafalan siswa pada bidang studi Tahfiz bagi siswa Kelas VIII MTs. Swasta Darul Arafah Pangkalan Brandan sudah terlaksana dengan baik dan terdapat peningkatan sejak awal pra Siklus yaitu jumlah siswa yang mendapatkan ketuntasan nilai rata-rata yaitu 53,78 siswa yang mendapatkan nilai tuntas pada bidang studi Tahfiz, pada Siklus I meningkat menjadi 67,75 siswa yang tuntas dalam kegiatan pembelajaran Tahfiz pada materi hafalan. Pada Siklus II tingkat ketuntasan siswa dalam belajar Tahfiz yaitu 74,6 di Kelas VIII MTs. Swasta Darul Arafah Pangkalan Brandan. Kemudian dianalisis dari Siklus III ketuntasan siswa mencapai 83,7. Persentase didapat dari nilai siswa yang telah memenuhi Ketuntasan Kriteria Minimum (KKM) yaitu 70 untuk mata pelajaran Tahfiz. Nilai ketuntasan prestasi dalam aktivitas Belajar Hafalan melalui Metode Pembelajaran Yadain pada bidang studi Tahfiz
References
Fitriyah, H. (2020). Implementasi Metode Yadain Dalam Program Karantina Hafalan Al-Qur’an 2 Pekan 10 Juz Di Yayasan Alam Al-Qur’an Ponorogo. Jurnal Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, Vol 1, No. 1 April, hlm. 28-41.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
M. Quraish Shihab, A.-L. (2017). Makna, Tujuan, dan pelajaran dari surah-surah al-Qur’an. Lentera Hati.
Muamar Al Qadri, S. W. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1). https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187
Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Siahaan, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jakarta: Pustekkom Depdiknas. Jurnal Teknodik, Vol 1 No 1(Juni), 29–44.
Suyuti, J. (2019). Tafsir Jalalain . Surabaya: Pustaka Media.
Wiguna, S. (2021). Aplikasi anates dalam evaluasi pembelajaran. CV. Pena Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tutwurihandayani Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.