Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran SKI di MTS Al-Hidayah Hinai

Authors

  • Husaini STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Nurmisda Ramayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.213

Keywords:

Mdoel Pembelajaran, Pair Cheks, Hasil Belajar Fikih

Abstract

siswa kesulitan dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam yaitu  kurangnya motivasi, baik motivasi dalam diri maupun motivasi diluar dirinya sendiri, hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran. Pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih banyak siswa yang kurang memperhatikan ketika guru memberikan penjelasan, disebabkan karena pembelajaran bersifat monoton. Faktor kedua adalah rendahnya kemampuan siswa sehingga siswa tidak bisa menyalurkan pendapatnya pada saat pelajaran berlangsung. Subjek Penelitian berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus ,dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (refleting). Menggunakan teknis analisis deskriftif kualitatif. Sebelum dilakukan penelitian tindakan, diawali dengan tahap pra siklus, pada tahap ini peneliti melakukan observasi tentang hasil evaluasi pembelajaran fikih kelas X. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada tindakan kelas siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu terdapat 28 siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI sebesar 86,20%dan 4 siswa yang tidak mengalami peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI sebesar 13,80%. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa telah mencapai target 85%.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.

Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Di MAS Al-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.

Febriyanni, R., Wiguna, S., & Esa, M. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 050734 Tanjung Pura Langkat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4).

Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wiguna, S. (2021). Aplikasi anates dalam evaluasi pembelajaran. CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Husaini, & Ramayani, N. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran SKI di MTS Al-Hidayah Hinai . Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 237–241. https://doi.org/10.59086/jkip.v1i4.213