Pengaruh Pelatihan, Latar Belakang Pendidikan, dan Disiplin Kerja terhadap Kompetensi Kerja Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.59086/jak.v2i3.308Keywords:
Pelatihan , Latar Belakang Pendidikan , Disiplin Kerja , Kompetensi KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Pelatihan Latar Belakang Pendidikan dan disiplin kerja terhadap kompetensi kerja karyawan pada PT. Tanina Karya Ajiborna serta untuk mencapai target dalam suatu perusahaan serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan melaksanakan program pelatihan untuk memperoleh target yang maksimal yang ingin dicapai oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh atau hubungan antara pelatihan latar belakang pendidikan dan disiplin kerja terhadap kompetensi. Diketahui bahwa terdapat permasalahan pelatihan seperti kurangnya pelatihan yang diberikan perusahaan ataupun latar belakang pendidikan dan disiplin kerja karyawan. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 112 karyawan dengan sampel sebanyak 88 orang dengan jenis teknik simple random sampling yang dipilih menjadi responden dan dalam pengujian reliabilitas penelitian/uji validitas maka metode yang digunakan adalah teknik kuesioner dan wawancara. Sehingga angka yang di dapat adalah dari 88 sampel dengan 4 variabel diperoleh nilai koefisien determinasi total R Square sebesar 26% dan adjusted R 23,7% serta nilai thitung (2,182) > ttabel (1,9886) dan signifikansi (0,032) < 0,05 untuk variabel pelatihan, thitung (2,131) > ttabel (1,9886) dan signifikansi (0,036) < 0,05 untuk variabel latar belakang pendidikan dan thitung (2,130) > ttabel (1,9886) dan signifikansi (0,036) < 0,05 untuk variabel disiplin kerja sehingga nilai Fhitung (9,997) Ftabel > (2,71), diperoleh probabilitas signifikan sebesar 0,000 < 0,005 sehingga diterima dan ditolak, oleh karena itu variabel pelatihan, latar belakang pendidikan dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kompetensi kerja pada PT. Karya Tanina Ajiborna.
This study aims to see the effect of Educational Background Training and work discipline on the work competence of employees at PT. Tanina Karya Ajiborna and to achieve targets in a company and increase knowledge, skills and carry out training programs to obtain maximum targets to be achieved by employees. This study aims to find out the total number of impacts or the relationship between educational background training and work discipline on competence. It is known that there are training problems such as the lack of training in the company or the employee's educational background and work discipline. In this stud,y the population amounted to 112 employees with 88 samples of the type of simple random sampling technique selected to be respondents and in testing th,e reliability of the research/validity test, therefore the method used was a questionnaire and interview technique. method. So that the number that can be obtained is that from 88 samples with 4 variables, the total R Square coefficient of determination is 26% and adjusted R 23.7% and the value of tcount (2.182) > ttable (1.9886) and significance (0.032) < 0.05 for training variable tcount (2.131) > ttable (1.9886) and significance (0.036) < 0.05 for the educational background variable and tcount (2.130) > ttable (1.9886) and significance (0.036) < 0.05 for the work discipline variable so that the value Fcount (9.997) Ftable> (2.71), obtained a significant probability of 0.000 <0.005 so that is accepted and is rejected, therefore the training variables, educational background and work discipline have a simultaneous and significant effect on work competence at PT. Tanina Ajiborna's work.
References
Aguinis, H., & Kraiger, K. (2009). Benefits of training and development for individuals and teams, organizations, and society. Annual Review of Psychology, 60, 451–474. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.60.110707.163505
Becker, G. S. (1993). Human capital: A theoretical and empirical analysis, with special reference to education (3rd ed.). University of Chicago Press.
Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Abjad.
Darmayanti, A. P., et al. (2013). Pengaruh kompensasi dan pelatihan kerja terhadap kinerja pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Jurnal Penelitian Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Delaney, J. T., & Huselid, M. A. (1996). The impact of human resource management practices on perceptions of organizational performance. Academy of Management Journal, 39(4), 949–969.
Dessler, G. (2017). Human resource management (15th ed.). Pearson.
Fenny, K. M., Rangkuti, D. A., & William. (2019). Pengaruh pengembangan karir dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura II Medan. Jurnal Manajemen, 5(2).
Gagné, M., & Deci, E. L. (2005). Self‐determination theory and work motivation. Journal of Organizational Behavior, 26(4), 331–362.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Isnaini, M. U., & Rangkuti, D. A. (2021). Pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap kompetensi, disiplin dan sistem kerja terhadap peningkatan kualitas kerja guru di Yayasan Adlin Murni. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 5(1).
Khan, R. A. G., Khan, F. A., & Khan, M. A. (2011). Impact of training and development on organizational performance. Global Journal of Management and Business Research, 11(7), 63–68.
Kraiger, K. (2017). Looking back and looking forward: Trends in training and development research. Human Resource Development Quarterly, 28(1), 1–7.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moeheriono. (2012). Pengukuran kinerja disejajarkan dengan kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Noe, R. A. (2010). Employee training and development (5th ed.). McGraw-Hill.
Podsakoff, N. P., LePine, J. A., & LePine, M. A. (2007). Differential challenge stressor–hindrance stressor relationships with job attitudes, turnover intentions, turnover, and withdrawal behavior: A meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 92(2), 438–454.
Rivai, V., & Sagala, E. (2011). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: dari teori ke praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.
Salas, E., Tannenbaum, S. I., Kraiger, K., & Smith-Jentsch, K. A. (2012). The science of training and development in organizations: What matters in practice. Psychological Science in the Public Interest, 13(2), 74–101.
Santoso, S. (2010). Pengaruh ROA, ROE, NPM dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019 (Disertasi Doktor, STIE Indonesia).
Setiawan, D. (2014). Pengaruh pelatihan, disiplin, dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 120–132.
Simamora, H. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Sinungan, M. (1997). Produktivitas apa dan bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode penelitian yang lengkap, praktis dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. (2014). Metodologi penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukoco, Z. A. (2010). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, pembelajaran organisasi terhadap kinerja dengan kompetensi sebagai mediasi. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 17(1), 76–83.
Tziner, A., Ben-David, A., Oren, L., & Sharoni, G. (2008). Attachment to work, job satisfaction and organizational commitment. Psychological Reports, 103(3), 911–917.
Van der Sluis, L. E. C., & Poell, R. F. (2003). The impact on career development of learning opportunities and learning behavior at work. Human Resource Development Quarterly, 14(2), 159–179.
Widodo, A. (2015). Manajemen pengembangan sumber daya manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo. (2013). Manajemen kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sari Mutiara Sinaga, Dhita Adriani Rangkuti, Kenedi tanta Kumamana Sembiring, Athania Apuliana, Novalina Simbolon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Mandiri Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher Lembaga Riset Ilmiah
© 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.