Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kota Gunungsitoli

Authors

  • Leader Mawarni Solidaritas Hia Universitas Nias
  • Maria Magdalena Bate'e Universitas Nias
  • Yamolala Zega Universitas Nias
  • Heniwati Gulo Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.978

Keywords:

Strategi Pemasaran, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi penjualan produk terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kota Gunungsitoli. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Alamjaya Wirasentosa Kota Gunungsitoli yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hasil uji hipotesis diperoleh dari nilai t hitung sebesar 8,263 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Dimana batas signifikan sebesar 0,05 dengan nilai t tabel sebesar 1,697 yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (8,263 > 1,697) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pemasaran produk terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kota Gunungsitoli. Dan untuk uji koefisien determinasi R Square (R²) diperoleh nilai sebesar 0,695 yang kemudian dimasukkan ke dalam rumus KD = r² x 100% atau KD = 0,695 x 100% = 69,5%. Sehingga pengaruh strategi pemasaran produk terhadap peningkatan volume penjualan sebesar 69,5% dan selebihnya yang 30,5% dipengaruhi oleh variabel lain selain strategi pemasaran yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini.
 
This study aims to find out whether there is an influence of product sales strategy on increasing sales volume at PT. Alamjaya Wirasentosa, Gunungsitoli City. The sample used in this study consists of employees of PT. Alamjaya Wirasentosa, Gunungsitoli City totaling 32 people. The method used in this study is a quantitative research method, with a simple linear regression data analysis technique. The results of the study showed that the hypothesis test results were obtained from a calculated t-value of 8.263 with a significant value of 0.000. Where the significant limit is 0.05 with a table t-value of 1.697 which shows that the calculated t-value > t table (8.263 > 1.697) which means that Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is an influence of product marketing strategy on increasing sales volume at PT. Alamjaya Wirasentosa, Gunungsitoli City. And for the test of the R Square (R²) determination coefficient, a value of 0.695 was obtained which was then entered into the formula KD = r² x 100% or KD = 0.695 x 100% = 69.5%. So that the influence of product marketing strategy on the increase in sales volume is 69.5% and the remaining 30.5% is influenced by other factors other than marketing strategies that were not included in the variables of this study.
 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Leader Mawarni Solidaritas Hia, Universitas Nias

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias

Maria Magdalena Bate'e, Universitas Nias

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias

Yamolala Zega, Universitas Nias

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias

Heniwati Gulo, Universitas Nias

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nias

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadila, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., Wahyudi, L., Angelianawati, Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., Ikhram, F., Adriani, A. D., Ratnadewi, & R., H. I. (2022). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. CV. Tohar Media.

Haque-fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sumarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Pascal Books.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, & Aulia, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Iba, Z., & Wardhana, A. (2024). Analisis Regresi Dan Jalur Untuk Riset Bisnis Menggunakan SPSS & SMART-PLS. CV. Eureka Media Aksara.

Indartini, M., & Mutmainah. (2024). Analisis Data Kuantitatif Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Korelasi dan Regresi Linier Berganda. Penerbit Lakeisha.

Ivanza, A. R., & Fasa, M. I. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Marketing Strategy To Increasing Sales Volume. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 7765–7772.

Jolanda, L., Reken, F., Tegowati, Rachmawati, I. A. K., Yuliana, R., Imron, A., & Tahwin, M. (2024). Strategi Pemasaran. CV. Gita Lentera.

Lesmana, N., Hakim, I., Sanjaya, A., Marsin, I. S., Prasetyo, E., Witiyastuty, H., & Jamal, I. (2022). Manajemen Pemasaran. Strategy Cita Semesta.

Monalisa, Riswanto, A., Thata, A. R., Zahara, A. E., Judijanto, L., Nurchayati, Boari, Y., Riswanto, A., Burhanudin, J., Muwarni, I., Purwoko, Pertiwi, S., & Dewi, L. K. C. (2023). Strategi Pemasaran (Mengukir Sukses Melalui Strategi Pemasaran Terbaik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Muin, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Norfai. (2020). Manajemen Data Menggunakan SPSS. Universitas Islam Kalimantan.

Nur’ Aini, S. S., & Subiyantoro, H. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Produksi Konveksi Tas Fooboo Store di Kecamatan Ngunut. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 2(2), 127–135.

Nurdiyana, V. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Pasar Loak Mangli. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Prastyorini, J., & Faiziyyah, H. B. (2024). strategi bisnis pemasaran. Scopindo Media Pustaka.

Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar’ati, F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Jurnal Among Makarti, 14(1), 93–108.

Rendelangi, A. B., Sahyunu, S., & Manan, L. A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Alvian Resa Prianto Desa Ambaipua Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Sultra Journal of Economic and Business, 4(1), 60–71.

Rofiqoh, I., & Zulhawati. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran (1st ed., Vol. 1). Pustaka Pelajar.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.

Santoso, R., Ikhwan, S., & Riono, S. B. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Volume Penjualan Produk di PT Warung Pintar Distributor Cirebon. Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(2), 1–10.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.

Sianturi, C., & Simanjuntak, J. M. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Lahan Di Pt. Kawasan Industri Modern (Persero) Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 205–224.

Sudirman, Kondolayuk, M. L., Sriwahyuningrum, A., Cahaya, I. M. E., Astuti, N. L. S., Setiawan, J., Tandirerung, W. Y., Rahmi, S., Nusantari, D. O., Indrawati, F., Fittriya, N. L., Aziza, N., Kurniawati, N., Wardhana, A., & Hasanah, T. (2023). Metodologi penelitian 1. CV. Media Sains Indonesia.

Suwastika, W. K., Budiman, Casriyanti, Megawati, I., Rahman, R. S., Franky, N. S., Nasution, Y., Aurelia, P. N., Rahmawati, Girikallo, A. S., Adhitya, W. R., Suryani, U., & Hafidz, H. (2023). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bisnis. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Tamaulina, Sembring, Wahyono, D., Angkejaya, O. W., Aji, L. J., & Luthfian, R. Y. (2023). Metodologi Penelitian. PT. Mafy Media Literasi.

Zulfikar, R., Sari, F. P., Fatmayati, A., Wandini, K., Haryati, T., Jumini, S., Nurjanah, Annisa, S., Kusumawardhani, O. B., Mutiah, R., Linggi, A. I., & Fadilah, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Teori,Metode dan Praktik Penelitian Kualitatif. Widina Media Utama.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Hia, L. M. S., Bate'e, M. M., Zega, Y., & Gulo, H. (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kota Gunungsitoli. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 1018–1031. https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.978