Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Infrastruktur Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Vinta Anistya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Vierina Clyde Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Kurniarga Bagaskara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Edward Fazri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.957

Keywords:

Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh  leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Infrastruktur Sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI Periode 2019-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan sebagai sampel, dengan total 75 observasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui bantuan program SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan. Namun, secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi faktor-faktor fundamental perusahaan lebih berperan dalam memengaruhi keputusan investasi dibandingkan masing-masing variabel secara individu. Hasil penelitian ini selaras dengan teori sinyal (signaling theory) yang menyatakan bahwa informasi keuangan dapat menjadi sinyal penting bagi investor dalam menilai prospek suatu perusahaan.
 
This study aims to examine the effect of leverage, company size, and profitability on stock prices of telecommunications infrastructure companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2019-2023 period. This study uses a quantitative approach with secondary data obtained from company financial reports. The sampling method was carried out using a purposive sampling technique and obtained 15 companies as samples, with a total of 75 observations. Data analysis was carried out using multiple linear regression with the help of the SPSS Statistics program. The results of the study indicate that leverage and profitability have no significant effect on stock prices, while company size has a positive and significant effect. However, simultaneously, all three variables have a significant effect on stock prices. This finding indicates that the combination of company fundamental factors plays a greater role in influencing investment decisions than each variable individually. The results of this study are in line with signaling theory which states that financial information can be an important signal for investors in assessing a company's prospects.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvianita, V., & Rivandi, M. (2023). Determinan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Property Dan Real Estate. 2(2).

Anggela, F., Jonathan, R., & Dewi, C. K. (1945). PENGARUH LIKUIDITAS , PROFITABILITAS DAN SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY YANG. 1–12.

Bungsu, G. F., Mar’ati, F. S., & Puspita, M. E. (2023). Pengaruh CSR, Profitabilitas dan Ukuran PerusahaanTerhadap Harga Saham. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i1.1828

Damayanti, R., & Sadewa, P. (2023). Pengaruh Earnings Per Share , Arus Kas Operasi , Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham. 5(2), 0–5. https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.454.

Di, T., Tahun, B. E. I., Kunci, K., & Pendahuluan, I. (2020). Pengaruh Current Ratio , Debt to Equity Ratio , Net Profit Margin , dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang. 3(1), 158–173.

Ekonomi, J., Dan, M., Jemb, B., No, V., Hal, E. J., Theo, P., H, A. A., A, L. H., & Dana, R. (2022). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food And Beverage Di BEI. 1(2), 111–119.

Elviani, S., Simbolon, R., & Dewi, S. P. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan Telekomunikasi. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 29–39.

Fadila, A. N., & Nuswandari, C. (2022). Apa Saja Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 283–293. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.837.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM Spss 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2019). Analisis laporan keuangan. In Depok ; Rajawali Pers. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ga.

Nadia, D., Putu, G., & Jana, A. (2021). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi dan Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. 12(November), 230–238.

Saham, H. (2023). PENGARUH LEVERAGE , PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS. 9(3), 249–256.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sari, N., & Wi, P. (2022). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Stuktur Modal, DanProfitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur YangTerdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2018 – 2021. Global Accounting : Jurnal Akuntansi, 1(3), 1–8.

Syawalina, C. F., & Harun Fahlevi, T. R. (2020). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Muhammadiyah, 10(2). https://doi.org/10.37598/jam.v10i2.843.

Downloads

Published

2025-07-24

How to Cite

Anistya, V., Clyde, V., Bagaskara, K., & Fazri, E. (2025). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Infrastruktur Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.957