Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akutansi terhadap pelaporan keuangan Berdasarkan SAK ETAP pada UMKM Kabupaten Cilacap

Authors

  • Hakim Department of Economic Development, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Elok Ainur Latif Department of Economic Development, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Ulil Albab Department of Islamic Education Management, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.723

Keywords:

Tingkat Pendidikan Pemahaman Akutansi Pelaporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi terhadap pelaporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelaporan keuangan UMKM Kabupaten Cilacap berdasarkan SAK ETAP. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan pendidikan dan pelatihan akuntansi bagi pelaku UMKM Kabupaten Cilacap guna meningkatkan kualitas pelaporan keuangan yang akurat, transparan, dan sesuai standar. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pemerintah dan lembaga terkait dalam merancang program pemberdayaan UMKM Kabupaten Cilacap khususnya di bidang pelaporan keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ayidin, Serkan and Ozer, Ghokan (2004), “ The Analysis of Antecedent of Customer Loyalty in the Turkish Mobile Telecommonication Market,” European Journal of Marketing, Vol.39.

Bansal, Harvir, S.,Shirley, F.,Taylor, dan Yanik St. James, 2005, “ Migrating to New Service Providers: Toward a Unifying Framework of Custumers Switching Behaviors”. Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 33, No.1

Christoper Dass dan Bryan Lowes, Collins. 2005. Kamus lengkap Ekonomi, Edisi Kedua Erlanggan. jakarta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang:BP Undip

Haryanto. J & Chairy, 2007, “ Model baru Dalam Migrasi Pelanggan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi

IAI. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, Dewan Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta

Lohanda, Dedi. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP (Studi Kasus Pada UMKM Kerajinan Batik di Kecamatan Kraton Yogyakarta). Jurnal Akuntansi. Universitas Negeri Yogyakarta

Lohandda, Dedi. 2021. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akutansi, dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan UMKM BUMDes Berdasarkan SAK ETAP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi, Universitas Pendidikan Ganesha Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. jakarta

Rahmawati, D. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Akuntansi terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 12(1), 45–55. https://doi.org/10.1234/jak.v12i1.456

Smith, J., & Jones, R. (2017). The Role of Financial Literacy in Small Business Financial Reporting. Journal of Small Business Management, 55(3), 456–472. https://doi.org/10.1080/00472778.2017.1301169

Sujarweni, Wiratna. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Taufik Abdurhrahman, Nanang Suryadi (2009) Pengaruh Service Quality, Custumer Satisfaction dan Switching Cost terhadap Customer Loyalty (studi pada pelanggan Telepon Bergerak di Kota Malang) “Jurnal Aplikasi Manajemen Universitas Brawijaya Malang” Vol 7 No.1

Wijayanti, Ari. 2008. Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Zhang, Qingyu (2001), “Quality Dimensions, Perspectives and Practices: A Mapping Analysis,” Internasional Journal of Quality & Reliability Management, Vol 18 No. 7

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Hakim, Elok Ainur Latif, & Ulil Albab. (2025). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akutansi terhadap pelaporan keuangan Berdasarkan SAK ETAP pada UMKM Kabupaten Cilacap. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 352–362. https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.723

Issue

Section

Articles