Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Authors

  • Udin Bahrudin Universitas Primagraha
  • Edy Suranta Karina Sembiring Universitas Primagraha
  • Eri Handayani Unversitas Primagraha
  • Ahmad Solihin Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.700

Keywords:

Citra merek , Kualitas Produk , Keputusan Pembelian

Abstract

Jumlah persaingan perusahaan saat ini meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi, terutama untuk perusahaan yang menawarkan produk sebanding seperti produk oli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk oli Enduro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terhadap 100 konsumen yang berdomisili di Kota Serang. Teknik analis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, multikolinieritas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi uji t dan uji F dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil uji statistik uji f, maka diperoleh nilai fhitung 48,530 > ftabel 3,09 dengan Tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat dikatakan Citra merek dan Kualitas produk berpengaruh secara simultan atau Bersama-sama terhadap Keputusan pembelian. Nilai koefisien determinsasi R² sebesar 0,500, Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel Citra Merek dan Kualitas Produk memiliki pengaruh sebesar 50% terhadap variabel Keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Pertamina perlu memperkuat citra Enduro sebagai produk lokal berkualitas tinggi melalui kampanye pemasaran intensif, menjaga kualitas produk secara konsisten, dan meningkatkan ketersediaan produk di berbagai saluran distribusi untuk meningkatkan kesadaran konsumen, mempertahankan loyalitas pelanggan, serta menarik pembeli baru.
The level of business competition is currently increasing in line with economic development, especially among companies offering comparable products such as oil. This study aims to examine the influence of brand image and product quality on purchasing decisions of Enduro oil products. A quantitative approach was employed, and data were collected through questionnaires distributed to 100 consumers residing in Serang City. The data analysis techniques used in this research include validity testing, reliability testing, normality testing, multicollinearity testing, heteroscedasticity testing, multiple linear regression analysis, coefficient of determination, t-test, and F-test using the SPSS program. Based on the results of the F-test, the calculated F-value is 48.530, which is greater than the F-table value of 3.09, with a significance level of 0.001 < 0.05. This indicates that brand image and product quality simultaneously have a significant effect on purchasing decisions. The coefficient of determination (R²) is 0.500, which means that brand image and product quality together influence 50% of the purchasing decision variable, while the remaining 50% is influenced by other variables not examined in this study. Pertamina needs to strengthen Enduro’s image as a high-quality local product through intensive marketing campaigns, consistently maintain product quality, and improve product availability across various distribution channels to increase consumer awareness, retain customer loyalty, and attract new buyers.
 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, K. (2021). Riset Populer Pemasaran Jilid 1. Media Sains Indonesia.

Ajeng Syarifa Al Kaunaini, D., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Citra Merek DanKualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Indomilk Di Sidoarjo Studi Pada Konsumen Susu Indomilk Di Kecamatan Waru, Pengaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2549–2557. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Amalia, L., & Rahmadhany, S. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek , Pengalaman Merek terhadap Kepuasan Merek dan Loyalitas Merek Kosmetik Wardah. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(4), 468–479. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i4.291

Aruan, L. S., Yohana, C., & Yusuf, M. (2021). Peran Merek dalam Bahasa Asing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Riskesdas 2018, 3(2), 103– 111.

Cahyadi, universitas buddhi dharma. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1, 60–73.

Didik, G. (2022). Keputusan pembelian marketplace shopee berbasis sosial media marketing. PT. Inovasi Pratama International.

Elmiliasari, D. F. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fried Chicken di Rocket Chicken Bandar Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), 66–83. https://doi.org/10.33367/at.v2i1.1128

Esty, saptutyningsih endah dan setyaningrum. (2020). Penelitian Kuantitatif,Metode Dan Alat Analisis (1st ed.). Gosyen Publishing.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 176–188.

Franadita, D., & Silalahi, P. R. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Mie Instan Mie Sedap (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Sedap kota Medan). Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 2(1), 1–7.

Ghozali Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivatiate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Di Ponegoro.

Indra. (2022). Analisis Kualitas Produk Di Bisa Group (SUSHI TEI) Medan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 246–255. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.589

Islamiyah, K., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Mi Instan Sarimi (Studi pada Mahasiswa yang Sedang Kuliah di Surabaya). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1567. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2579

Kalsum, E. U., & Liniarti, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Mesin Cuci Merek Polytron Di Medan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 370–378. https://journal- stiayappimakassar.ac.id/index.php/srj/article/view/194

Kotler, K. &. (2018). Marketing Management. Person Education.

M. Anang Firmansyah. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 143–144.

Manambe, H. F., & Lapian, S. L. H. V. J. (2019). Kualitas Produk, Harga Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan Rosita Manado) Product Quality, Price and Servicescape Influence on Purchasing Decisions (Study At Rosita Manado Restaurant). A.S.Soegoto……. 5456 Jurnal EMBA, 7(4), 5456–5465.

Maryati, & Khoiri.M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.

Maulidio Reno, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pelanggan Pada Amstirdam COFFEE DI MALANG. Jurnal Investasi, 19(2), 11. https://doi.org/10.31943/investasi.v4i2.12

Panjaitan, M. A., & Fitriyah, Z. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Milo (Konsumen Milo Domisili Surabaya). Inovasi, 10(2), 408. https://doi.org/10.32493/inovasi.v10i2.p408-416.36129

Putri, A. R., & Lestari, W. D. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1474 – 1481. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/884

Putri Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M., Jati Lestari, W., & Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen Teori.

Rahmawaty, D., & Nur, A. R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo. Jurnal Ekonomi, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.47896/je.v23i1.99

Rochani, S. M. (2021). Metodelogi Penelitian (1st ed.). Widina Bhakti Persada Bandung.

Ruslan, & Kurbani, A. (2020). Pengaruh Pengawasan dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan. Jurnal Manivestasi, 2(1), 94–111.

Sampe, Y. D., & Tahalele, M. (2023). 1388-Article Text-5734-1-10-20230330. Jurnal Administrasi Terapan Volume. 2, No. 1, Maret 2023, 1.

Sitorus, S. A., & Al., E. (2020). Brand Marketing: the Art of Branding. In Cv. Media Sains Indonesia (Issue January).

Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Performa, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1303

Solihin, D., & Kamal, F. S. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tunas Toyota di Cinere Kota Depok. Jurnal Arastirma, 3(1), 206. https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.32160

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R & D (1st ed.). Alfabeta.

Suprihartini, L., Rinaldi, H., Saputra, H. M., Sulaiman, S., Tandra, R., & Krisandi,S. D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS untuk Statistik Dasar Penelitian bagi Mahasiswa Se-kota Pontianak. Kapuas, 3(1), 35–39. https://doi.org/10.31573/jk.v3i1.527

Tjiptono Fandy dan Gregorius Chandra. (2016). Service,Quality and Satisfaction (4th ed.). CV Andi Offset.

Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.266

Wiranata I, Agung A, & Prayoga I. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery Batubulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1827%0Ahttps://ejournal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/download/1827/1480

Zamhuri, M., Valianti, R. M., & Damayanti, R. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger. Jurnal Manajemen Dan Investasi (MANIVESTASI), 3(2), 228–240. https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i2.7381

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Bahrudin, U., Sembiring, E. S. K., Handayani, E., & Solihin, A. (2025). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk . Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 332–342. https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.700

Issue

Section

Articles