Pengaruh Harga, Promosi, dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Pelanggan Minibus

Authors

  • Devi Herawati Universitas Labuhanbatu
  • Novrihan Leily Nasution Universitas Labuhanbatu
  • Elida Florentina Sinaga Simanjorang Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.686

Keywords:

Harga, Promosi, Kemudahan Pelanggan, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan kemudahan terhadap kepuasan pelanggan dalam penggunaan layanan transportasi minibus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna jasa. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan berbagai teknik analisis statistik, seperti uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen harga, promosi, dan kemudahan memiliki pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi penyedia jasa transportasi dalam menyusun strategi peningkatan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.

 

This study aims to determine whether the Influence of Price, Promotion, and Convenience on Increasing Minibus Customer Satisfaction at PT. RAPI Transport Kota Rantau Prapat, Labuhanbatu Regency. The number of samples is 96 respondents. This study uses validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression test, t test, F test, and coefficient of determination using SPSS 27. The study was conducted to examine how independent variables influence dependent variables and the percentage level of influence of research variables by distributing research questionnaires to respondents and conducting tests. The results showed that all independent variables influenced the dependent variable with all t count values> t table and significant values ​​<0.05 with a determination level of 0.965 or 96.50% giving a positive and significant influence.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M., Septyadi, K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE : HARGA DAN PROMOSI. 3(1), 301–313.

Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906

Alfajar, F., Mustainah, Tawil, M., & Polii, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu. Jurnal Administration and Management Public Literation, 1(1), 37–50.

Aprilia, Herdinata, & Padmawidjaja. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk graby bites. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5.

Basri, H., Yulian Ma’mun, M., & Malihah, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 99–113. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2284

Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134

Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Chindi, (2021). Determinasi Keputusa Pembelian : harga, promosi dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Umkm (Studi kasus pada toko perabot Alumanium Terapan "Sas" Rantauprapat) 1(3), 6, DOI: 10.36987/jumsi

Fajar Saputro, & Muhammad Jalari. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Roti Bakar. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 266–285. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.639

Febrianza, R., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Shopee (Studi Pengguna Aplikasi Shopee pada Mahasiswa STEI Jakarta). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–19.

Ghozali (2019). Manajemen Pemasaran edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta

Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. Si., & Helvi, B. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 202–216. DOI:https://doi.org/10.33369/insight.17.2.202-216

Herman Djaya, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Abhakte Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 16–24. https://doi.org/10.24929/abhakte.v1i2.3053

Indriani, & Sumantri. (2021). Analisis Pengaruh Desain Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Percetakan Seventeen. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 35–52. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.23

Jannah, M., Nasution, N. L., & Broto, B. E. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Ternak Lele Di Desa Pematang Seleng. … and Entrepreneurship Journal …, 5(2), 4828–4837. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/4826%0Ahttps://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/download/4826/2668

Junita, J., Nasution, A. P., & Simanjorang, E. F. S. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan Dan Brand Preference Terhadap Tingkat Penjualan Pada Toko Bintang Terang Motor Rantauprapat. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1431

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612

Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), 392–403. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4

Mauliddiyah, N. L. (2021). Jurnal manajemen ekonomi syariah. 1(3), 6.

Nurdiansyah, A., Suci Pratiwi, A., & Kaunaini, N. (2022). Literature Review Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kepuasan Terhadap E-Commerce. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 297–303. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.42

Putra, R., Manajemen, M. D., Harga, P., Produk, K., & Produk, K. (2021). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK , CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 2(4), 516–524.

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3621

Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Sulastri, D. (2019). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Toko Beras Hidayah Cikarang). Universitas Pelita Bangsa.

Sugiyono (2019) . Manajemen riset penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Tabelessy. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ, 8, 96–112.

Wibowo, A. E. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Di Kota Magelang. Eprintslib.Ummgl.Ac.Id, 449–461.

Yasa, R., Saputra, C., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2021). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pela n ggan te rhad ap l oya lita s p e l a n g g a n p a d a b e n g ke l l a s listrik cipta karya di sragen.

Yusuf, M., Sutrisno, S., Putri, P. A. N., Asir, M., & Cakranegara, P. A. (2022). Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review. Jurnal Darma Agung, 30(3), 505. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2268

Yuvira Fitri, S., Yuvira Fitri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, S., & Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, F. (2023). Harga, Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa STKIP Dan STIE Widyaswara Indonesia Solok Selatan). SAMMAJIVA : Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 140–159.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Herawati, D., Nasution, N. L., & Simanjorang, E. F. S. (2025). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Pelanggan Minibus. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 264–276. https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.686

Issue

Section

Articles