Pengaruh CSR, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.623Keywords:
Corporate social responsibility , capital structure , firm size , firm value , manufacturing companies x, BEIAbstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk mempelajari bagaimana ukuran, struktur modal, dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) memengaruhi nilai perusahaan terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2019 hingga 2023. Rasio Nilai perusahaan dihitung menggunakan Rasio harga terhadap Nilai Buku (PBV). Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian terdiri dari tiga belas perusahaan manufaktur yang dipilih untuk meningkatkan validitas hasil, data outlier sudah dieliminasi. Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis. Studi menyatakan bahwa CSR dan ukuran perusahaan berdampak positif pada nilai perusahaa. sementara struktur modal memiliki dampak negatif yang signifikan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan CSR yang baik dan skala perusahaan yang besar dapat meningkatkan persepsi investor terhadap nilai bisnis, tetapi struktur modal yang besar dapat mengurangi nilai bisnis karena meningkatkan risiko keuangan. Studi ini menunjukkan bahwa manajemen memiliki peran penting dalam mengembangkan strategi CSR, struktur modal, dan pengembangan ukuran bisnis untuk meningkatkan nilai investor.
The purpose of this study is to study how the size, capital structure, and corporate social responsibility (CSR) affect the value of companies to manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2019 to 2023. The company's Value Ratio is calculated using the Price-to-Book Value (PBV) ratio. Using purposive sampling techniques, the research sample consisted of thirteen manufacturing companies selected to improve the validity of the results, outlier data was eliminated. Multiple linear regression is used to analyze. Studies state that CSR and company size have a positive impact on company value. Meanwhile, the capital structure has a significant negative impact. The results show that good CSR implementation and large corporate scale can increase investors' perception of business value, but large capital structures can reduce business value because it increases financial risk. This study shows that management has an important role in developing CSR strategies, capital structure policies, and developing business sizes to increase investor value.
Downloads
References
Agustin, A., & Soedarsa, H. G. (2023). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021. Jurnal Maneksi, 12(2), 327–331. https://doi.org/10.31959/jm.v12i2.1527
Akyunina, K., & Kurnia. (2021). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan ssInovasi terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(6), 1–25. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4064/4076
Alfiatul Maulida, M. E. K. (2021). THE EFFECT OF COMPANY SIZE, LEVERAGE, PROFITABILITY AND DIVIDEND POLICY ON COMPANY VALUE ON MANUFACTURING COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE (IDX) FOR THE 2014-2018 PERIOD. 2021(2), 6.
Apriani, P. P., Khairani, S., Akuntansi, P. S., Multi, U., & Pelembang, D. (2023). Priscila Patricia Apriani_MULTI DATA BERSINTA (ENERGI). 100–107.
Ardiansah, F., & Idayati, F. (2024). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 13(1), 1–16.
Benne, K. K., & Moningka, P. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei. Klabat Accounting Review, 1(1), 56. https://doi.org/10.60090/kar.v1i1.457.56-70
Cristofel, C., & Kurniawati, K. (2021). Pengaruh Enterprise Risk Management, Corporate Social Responsibilty Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Bisnis, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.30813/jab.v14i1.2468
Firli, A., Ismatasari, C., & Mukti, A. H. (2021). Jurnal Proaksi PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. 11(2), 329–350. https://doi.org/10.32534/jpk.v11i2.5477
Hermawaty, N., & Sudana, I. P. (2023). Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 33(5), 1240. https://doi.org/10.24843/eja.2023.v33.i05.p07
Hiyun Puspita Sari, S. W., Layli, M., Marsuking, M., Wibisono, D., Wibowo, A., Maula, D. I., Harahap, R. S., Firmansyah, F., & Hasbi, M. Z. N. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2019- 2021. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(2), 123. https://doi.org/10.21927/10.21927/jesi.2022.12(2).142-149
Humaida, N. P., & Kurnia. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuh Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(8), 1–16.
Inayah, Z. (2022). ANALISIS STRUKTUR MODAL , PROFITABILITAS DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( PENELITIAN LITERATURE REVIEW MANAJEMEN KEUANGAN ). 3(2), 788–795.
Indriaty, L., Reiman, P., & Thomas, G. N. (2024). Analisis Terhadap Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Publik Sub Sektor Makanan dan Minuman. Ikraith-Ekonomika, 7(1), 220–232. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3307
Ira Monicasari, & Subardjo, A. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(4), 1–17.
Irdawati, Abbas, D. S., Hidayat, I., & Rahandri, D. (2022). Pengaruh Corporate Social Responbility , Struktur Modal , Enterprise Risk Management dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan U niversitas Muhammadiyah Tangerang. 1(4), 172–188.
Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Gcg Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37. https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1054
Khaeriani, B. N., & Hasan, A.-. (2022). Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2867. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.5469
Kusumawati, E. (2023). Company Value With Company Size As A Moderating Variable ( Empirical Study Of Non- Financial Companies Listed On The IDX For The Period 2019 - 2021 ) Pengaruh Corporate Social Responsibility ( CSR ) Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Empiris Perusahaan Non Keuangan Tercatat Di BEI Periode 2019 - 2021 ). 4(5), 7261–7275.
Meifari, V. (2023). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Melati, M. S. L., & Sapari. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(4), 1–15.
Nengtyas, Y. M., & Hermawan, S. (2024). Modal Intelektual Meningkatkan Nilai Perusahaan di Industri Farmasi Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(3), 22. https://doi.org/10.47134/jpem.v1i3.279
Pebriyani, Y., & Subardjo, A. (2020). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Anang Subardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(11), 1–5.
Piasti, T., & Suswandoyo, M. I. S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food dan Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Journal Intelektual, 1(1), 76–84. https://doi.org/10.61635/jin.v1i1.84
Purwanti, F., Sudaryo, Y., & Efi, N. A. S. (2019). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, Dan Rasio Pasar Terhadap Harga Saham. Jurnal Indonesia Membangun, 12(02), 557–571. https://jurnal.inaba.ac.id/index.php/JIM/article/view/453%0Ahttps://jurnal.inaba.ac.id/index.php/JIM/article/download/453/237
Tenri Sompa, A., Setyastuti, Y., Daryanto, Y., Piqi Adum Damara, A., Gede Kariada, I., Ilhamuddin, Yuliana, L., Ulfah, M., Jannah, R., & Andriani, R. (2021). Sosialisasi Tangguh Bencana Banjir Di Desa Sungai Tabuk, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Journal of Empowerment and Community Service (JECSR), 1(01), 31–36. https://doi.org/10.53622/jecsr.v1i01.66
Trisetiawan, D., Fansuri, H., Fitria, W., Teknologi, I., & Teknologi, I. (2022). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI.
Wijaya, N. S., & Fitriati, I. R. (2022). Pengaruh likuiditas, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5606–5616. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.1870
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Andini Apriliani, Mulyati Mulyati, Asmawati Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access journal. All works are published under the Creative Commons license CC-BY which means that all content is freely available at no charge to the user or his/her Institution. Users are allowed to read, download, copy, write, improve, and create derivative creation even for other lawful purposes, this license permits anyone to, as long as they cite and license the derivative creation under similar terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.