Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Villa Kampoeng Anda
DOI:
https://doi.org/10.59086/jam.v3i3.622Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan KonsumenAbstract
This study aims to determine the influence of service quality, price, and location on customer satisfaction at Villa Kampoeng Anda in Tanjung Bira, Bulukumba Regency. The novelty of this research lies in the local tourism context, particularly in the coastal accommodation sector of South Sulawesi. A quantitative approach was applied with data collected through questionnaires distributed to 165 respondents who had stayed at the villa. The data were analyzed using validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression, t-tests, and F-tests with the aid of SPSS software. The findings reveal that service quality, price, and location have a positive and significant effect on customer satisfaction, both partially and simultaneously. These results suggest that the villa management should enhance service quality, implement competitive pricing strategies, and maintain its strategic location to improve customer satisfaction and loyalty.
Downloads
References
Alfarisi, S., Suarta, I. K., & Bagiastuti, N. K. (2023). Penerapan Green Hotel untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu di Lombok Khophilau Villa (Doctoral dissertation, Politeknk Negeri Bali).
Al Hidayat, R., Charolina, O., & Afriani, W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Harga Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kue AHK Keju di Kecamatan Teluk Segara. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3(1), 83-94.
Ali muhson, penerapan metode problem sloving dlam pembelajaran statistika lanjut (Yogyakarta: UNY 2005 ) h 70.
Anak Agung, S. P. M. A. PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ANAHATA VILLAS AND SPA RESORT DI TAMPAKSIRIN. PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ANAHATA VILLAS AND SPA RESORT DI TAMPAKSIRING, GIANYAR. kepuaasan konsumen
Apriani, P., & Nainggolan, B. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Morrissey Hotel Jakarta. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2445-2456.
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal
Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1-14.Alfarisi, S., Suarta, I. K., & Bagiastuti, N. K. (2023). Penerapan Green Hotel untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu di Lombok Khophilau Villa (Doctoral dissertation, Politeknk Negeri Bali).
Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas hotel terhadap kepuasan pelanggan di sari ater hot springs resort ciater. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18-25.
Doni Marlius,” Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggi Dilihat Dari Kualitas Pelayana”, Jurnal Pundi, Vol. 01, No. 03, November 2017.
ewani, F. P., Afrika, E. T., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Grand Laguna Hotel & Villa. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 5668.
Faradilla, N. E., Widiarto, S., & Arsyad, M. (2021). PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI TAMAN SARI GUA SUNYARAGI CIREBON. EDUTURISMA, 6(1), 77-84.
Fitrianti, F. (2021). Pengaruh kualitas layanan jasa dan harga terhadap kepuasan konsumen pada malomo laundry kota palopo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO).
Gian, E.I., Bagus, I., Putra, A.K., Nurochman, R.M., Kesumah, P., Haryati, R., Novrina, D., Arifin, H., Magister, J., Administrasi, I., Novrina, P.D., Kualitas Pelanyanan, H.L., & Konsumen, K. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL ILOS BANDUNG. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi
Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, Semarang 2018
Gozali, aplikasi analisis ,ultivariate dengan program SPPS edisi kedua (Yogyakarta: Universitas Dipenegoro, 2006) h 95.
Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di kedai kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 51-60.Santia, A., & Richmayati, M. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel Golden View Batam. Postgraduate Management Journal, 2(1), 1-11
Imanulah, R., Andriyani, I., & Melvani, F. N. (2022). Pengaruh Citra Toko, Varian produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Pancious SOMA Palembang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah
Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 285-295.Sari, N. M., Putra, S. S., &
Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Indomaret Villa Mutiara Gading Bekasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 9061-9070.
Kadek, E. P. Y. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI VILLA UBUD RAYA
RESORT GIANYAR. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI VILLA UBUD RAYA RESORT GIANYAR.Wanandi, A. D., & Tarigan, H. (2022). Pengaruh Promosi Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Des Indes Menteng. Panorama Nusantara, 17(2), 1-15.
Livia amanda dkk Uji Validasi Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarkat Kota Padang, 8, No 1, h 183
Maharani, N. W. S., Sabudi, I. N. S., & Wiartha, N. G. M. (2024). The Effect of Location and Price on Purchase Interest at Villa Kubu, Seminyak. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 3(5), 413-428.
Mahmud, A., Razak, S. R., & Prihatin, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba. Center of Economic Students Journal, 4(3), 225-236..
Mansandra, H., Chandrayanti, T., & Anggraini, M. D. (2023). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan TErhadap Kepuasan Konsumen Pada Resto Incim Alahan Panjang. Matua Jurnal, 5(1), 15-28.
Mudrajad Kuncoro Metode Riset Untuk Untuk Bisnis Ekonomi, (Jakarta: Erlangga 2002), h
Megawati, N. K. R., Wisnawa, I. M. B., & Trianingrum, N. N. N. (2024). Pengaruh Lokasi Harga Kamar Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Capella Ubud Bali. Bali Journal of Hospitality, Tourism and Culture Research, 1(2), 152-164.
Meutia, R., & Andiny, P. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pasien Puskesmas Langsa Lama. Niagawan, 8(2), 121.
Nanda, Y. P. (2023). PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI VILLA DANAU ATAS ALAHAN PANJANG, KABUPATEN SOLOK (Doctoral dissertation, Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang).Anoraga, P. 2014. Psikologi Kerja. Jakarta : Rineka Cipta.Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, Semarang 2018
Nurkariani, N. L., & Hermawati, K. Y. (2021). Kualitas Pelayanan, Fasilitas Fisik, Dan Peromosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Aneka Lovina Villas & Spa. ARTHA SATYA DHARMA, 14(1), 123-130.
Nugroho, M. D. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan: Studi pada Angkringan Classic Tepi Kota (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
I Nst, R. M., Adwiya, N., Safri, H., Simajuntak, D., & Nasution, M. F. (2021). Pengaruh Harga Lokasi Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Villa Pertiwi. Journal Economy and Currency Study (JECS), 3(1), 11-21.
Oktaviany, A. R., & Yudhi Koesworodjati, S. E. (2022). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei Pada Tamu Villa Montana Montini-Ciater Highland Resort) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas)Livia amanda dkk Uji Validasi Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarkat Kota Padang, 8, No 1, h 183
Pangestu, M. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Rumah Makan Khas Aceh” Rumah Mbah Man”) Di Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA).
Pandesia, A. E., Saerang, I. S., & Sumarauw, J. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
Putra, A. P. (2024). Pengaruh Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Pangeran Beach Hotel Padang Saat Low Season”. Fillgap in Management and Tourism, 2(2), 241-250.
Rahmawati, S. L. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada PT Mutu Utama Panganindo) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
Riyanti, N. K. I., Teja, I. G. A. N. E., & Rihayana, I. G. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap niat berkunjung kembali di Villa Rendezvous Bali. Widya Amerta, 7(1), 84-99
Renggo, Y. R., & Kom, S. (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, 43.
Romadhoni, B., Ibrahim, I., & Mauliana, D. (2023). Efek Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Diskon dan Lokasi pada Kepuasan Pelanggan. Al-Buhuts, 19(1), 414-425.
Rosidah, N., Rachma, N., & Khalikussabir, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Lesehan D’dadoz (Studi Kasus pada Pelanggan Lesehan D’dadoz Kota Blitar). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02)
Sasono, E., Sopi, S., & Prasetyo, R. A. (2024). MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI PADA KONSUMEN PT. ALYA TOUR SEMARANG. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 16(2), 123-139
Santia, A., & Richmayati, M. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel Golden View Batam. Postgraduate Management Journal, 2(1), 1-11
Sari, N. M., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Indomaret Villa Mutiara Gading Bekasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 9061-9070.
Situmeang, L. S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan istana hot plate Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen (Bandung: Alfabeta 2018), h 35 Sutrisna, E., & Putri, H. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Mona Plaza Pekanbaru. Journal on Education, 5(4), 13277-13286
Septijayanthi, N. K. I., & Hartini, N. M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUASAN TAMU MENGINAP DI THE SAMAYA VILLA SEMINYAK. Journal Research of Management, 2(2), 265-273
Sopi, S., & Prasetyo, R. A. P. (2023). MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI PADA KONSUMEN PT. ALYA TOUR. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 15(1), 26-44.
Thegar, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Wom Di Kawasan Wisata Raja Ampat (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).
Waluyo, T. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Membangun Minat Berkunjung Kembali: Studi Pada Hotel X Kota Pekalongan. Ilmu dan Budaya, 41(71).
Wanandi, A. D., & Tarigan, H. (2022). Pengaruh Promosi Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Des Indes Menteng. Panorama Nusantara, 17(2), 1-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sukrani Wulandari, Asdi Asdi, Basri Basir MR

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access journal. All works are published under the Creative Commons license CC-BY which means that all content is freely available at no charge to the user or his/her Institution. Users are allowed to read, download, copy, write, improve, and create derivative creation even for other lawful purposes, this license permits anyone to, as long as they cite and license the derivative creation under similar terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.