Pengaruh Tekanan Pesaing dan Beban Pokok Penjualan terhadap Penentuan Harga Jual dan Kinerja Bisnis Usaha
DOI:
https://doi.org/10.59086/jam.v2i3.354Keywords:
Beban Pokok Penjuala , Tekanan Pesaing , Harga Jual , Kinerja BisnisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan pesaing dan beban pokok penjualan terhadap penentuan harga jual dan kinerja bisnis usaha pada studi kasus Join Ponsel UMKM di Rantauprapat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan asosiatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner kepada sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang terdiri dari pihak-pihak yang berhubungan langusng dengan unit usaha seperti owner, pegawai, mesinis, dan sales, adapun teknik penarikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian berdasarkan dari hipotesis uji parsial (t) dengan taraf signifikan 5% dengan ttabel sebesar 2,025 menunujukkan bahwa tekanan pesaing (X1) berpengaruh signifikan terhadap penentuan harga jual (Y1) ditunjukkan dengan thitung > ttabel dengan thitung untuk variabel X1 (3,771). Selanjutnya juga menjukkan bahwa BPP berpengaruh signifikan terhadap penentuan harga jual dibuktikan dengan thitung > ttabel dengan thitung untuk variabel X2 (3,824). Dan menunujukkan bahwa variabel tekanan pesaing tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis ditunjukkan thitung < ttabel dengan thitung untuk variabel X1 (1,685). Selanjutnya juga menjukkan bahwa BPP tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis dibuktikan dengan thitung < ttabel dengan thitung untuk variabel X2 (0,734 ) Hasil penelitian dari hipotesis uji simultan dengan angka signifikan 5% dengan Fhitung sebesar 19,016 dan Ftabel sebesar 3.24 ditunjukkan Fhitung > Ftabel menunjukkan bahwa tekanan pesaing dan BPP secara simultan berpengaruh terhadap penentuan harga jual. Selanjutnya untuk uji simultan dengan Fhitung sebesar 19,016 dan Ftabel sebesar 3.24 ditunjukkan Fhitung > Ftabel menunjukkan bahwa tekanan pesaing dan BPP secara simultan berpengaruh terhadap kinerja bisnis.
This research have a goal to determine the influence of competitor pressure and cost of goods sold on selling price determination and business performance in the case study of Join Mobile UMKM in Rantauprapat. This research uses quantitative methods and an associative approach, data collection techniques using questionnaires and the sample in this research is 40 people consisting of parties who are directly related to the business unit such as owners, employees, engineers and sales, while the sampling technique uses techniques saturated sampling. Data were analyzed using multiple linear regression methods. The research results are based on the partial test hypothesis (t) with a significance level of 5% with a ttable of 2.025 showing that competitor pressure (X1) has a significant effect on determining the selling price (Y1) as indicated by tcount > ttable with tcount for variable X1 (3.771). Furthermore, it also shows that BPP has a significant effect on determining selling prices as evidenced by tcount > ttable with tcount for variable X2 (3.824). And it shows that the competitor pressure variable has no effect on business performance, shown by tcount < ttable with tcount for variable X1 (1.685). Furthermore, it also shows that BPP has no effect on business performance as evidenced by tcount < ttable with tcount for variable and BPP simultaneously influence the determination of selling prices. Furthermore, for the simultaneous test with Fcount of 19.016 and Ftable of 3.24, it is shown that Fcount > Ftable shows that competitor pressure and BPP simultaneously influence business performance.
Downloads
References
Al-Mujaddid | Jurnal Ilmu-ilmu Agama. (n.d.).
Astriningrum, A. R. (2018). Pengaruh Penjualan, Beban Pokok Penjualan, Pajak dan Biaya Keuangan terhadap Laba-Rugi Perusahaan Jasa Telekomunikasi. Jurnal.Unsil, 4(2), 108–118.
Chandra, Dody Salden. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi, dan Interaksi terhadap Brand Image Apotek K-24 Medan. Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, vol2 (2) 2023
Daulay, R, A., & Kamilah, K, (2013). Penerapan PP No. 46 Tahun 2013 dan Self Assesment System pada UMKM AL-UOIS 212 mart Labuhanbatu. E- Journal. Lp2M.Uinjambi.Ac.Id, 46, 32-44
Dinar, M. (2018). Pengantar Ekonomi : Teori dan Aplikasi (M. Hasan, Ed.; 1st ed.). Pustaka Taman Ilmu.
EmCronba Review ; Arizona, J., Nasution, D., & Syafina, J. (2022). Pengaruh Pendekatan Balanced Scorecart Terhadap Kinerja Badan Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Medan. Jurnal Emba Review, 2(2). https://doi.org/10.53697/emba.v2i2
Evalina, N. (2011). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadapp Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi KASUS pengguna TelkomselFlexi Di Kudus. Diponegoro Journal of Social and Politic, buying and salling.
Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1). https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90
Hermain, H. dkk. (2019). Pengantar Akuntasi Adaptasi IFRS (3rd ed., Vol. 1). Madenatera.
Khadafi, M. dkk. (2018). Akuntansi Biaya (2nd ed.). Medenatera.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an Terjemah Tafsir Bil Hadis, Bandung :Cordoba, 2019
Laylan, S. (2019). Metodologi Penelitian Akuntansi Penelitian Kuantitatif. FEBI UIN-SU Press.
Lubis, F. A. dkk. (2019). Pengantar Ilmu Ekonomi (1st ed.). FEBI UIN-SU Press.
Martani, D. dkk. (2016). Akuntansi Keungan Menengah : Berbasis PSAK (2nd ed., Vol. 1). Salemba Empat.
Mouljadi, (2006). Manajemen Keuangan : Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif (2nd ed., Vol. 3). Malang, Bayumedia
Neliwati, S. (2018). Metodologi Penelitia n Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktik) (1st ed.). Widya Puspita
Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN ULANG: PROMOSI, HARGA DAN PRODUK (LITERATURE REVIEW PERILAKU KONSUMEN). 3(5). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5
Salahuddin, M. R. (2022, September 30). Indonesia UMKM Overview. RRI TV.
Samri, Juliati Nasution Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN-SU, Y.(n.d). Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara.
Suharyadi, dan P. (2015). Statistika, Untuk Ekonomi dan Keungan Modren (Rosidah, Ed.; 3rd ed., Vol. 2). Salemba Empat.
Sinulingga, Sukaria, Metodologi Penelitian, Medan : USU Press, 2015
Siregar, Baldric, Akuntansi Biaya Edisi 2, Jakarta : Salemba Empat, 2013
Siregar, Syofian, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian, Jakarta : Rajawali Pres, 2016
Syelviani, M. (2017). Pengaruh Deskripsi Pekerjaan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Camat Tembilahan The Effect Of Job Description On Civil Servant’s Performance In Tembilahan Subdistrict Office. Journal of Economy, Business and Accounting (COSTING), 1(1).
Tarigan, A. A. (2019). Pengantar Teologi Ekonomi (Revision). FEBI UINSU PRESS.
Trihudiyatmanto, M. (2019). Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM (Studi Empirik Pada UMKM Pande Besi di Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.32500/jematech.v2i1.397
Tri, Purwani. (2015). Strategi Peningkatan Kinerja Rantai Pasokan. (Farawi, Ed.; 3rd. Vol.1). Yogyakarta: CV Budi Utomo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lokot al-Amin Ritonga, Yenni Samri Juliati, Laylan Syafina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access journal. All works are published under the Creative Commons license CC-BY which means that all content is freely available at no charge to the user or his/her Institution. Users are allowed to read, download, copy, write, improve, and create derivative creation even for other lawful purposes, this license permits anyone to, as long as they cite and license the derivative creation under similar terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.