Pengaruh Store Atmosphere, Service Quality, Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mie Gacoan Di Wilayah Solo Raya

Authors

  • Heni Wikasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ari Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i3.1126

Keywords:

Store Atmosphere, Service Quality, Perceived Value, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Sasaran utama dari penelitian ini ialah untuk meneliti dampak store atmosphere, service quality, dan perceived value terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mie Gacoan di wilayah Soloraya. Kebaruan peneliti ini terletak pada pengujian simultan ketiga variabel pemasaran jasa dalam konteks bisnis kuliner cepat saji lokal yang memiliki ekspansi pesat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian asosiatif dan metodologi kuantitatif. Sampel purposive digunakan untuk memilih 97 responden yang menjadi sampel penelitian. Kuesioner berskala Likert lima poin digunakan untuk memperoleh data, dan analisis data diuji dengan uji instrumen, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linier berganda. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, diketahui bahwa variabel store atmosphere, service quality, dan perceived value menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik berdasarkan sisi individu maupun gabungan. Dengan kata lain, setiap faktor tersebut baik, secara individual maupun gabungan terbukti dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Temuan ini menegaskan pentingnya suasana gerai, kualitas layanan, dan persepsi nilai, sebagai faktor utama pembentuk kepuasan pelanggan di industri kuliner cepat saji. Secara teoretis, hasil penelitian ini berkontribusi dalam penguatan literature pemasaran jasa, khususnya pada konsep customer based marketing dalam konteks bisnis kuliner lokal. Secara praktis, penelitian ini memberikan implikasi bagi pelaku bisnis kuliner untuk meningkatkan kualitas pelayanan, menciptakan nilai pengalaman pelanggan serta memperkuat daya saing melalui pengelolaan suasana restoran yang nyaman dan modern.
 
The main objective of this study  is to examine the effect of store atmosphere, service quality, and perceived value on customer satisfaction at Mie Gacoan restaurants in the Soloraya region. The novelty of this research lies in the simultaneous testing of these three key service marketing variables within the context of a rapidly local fast food industry. Using an associative  quantitative design, data were collected from 97 purposively selected respondents through a five point Likert scale questionnaire and analyzed using instrument testing, classical assumption testing, and multiple linear regression. The results show that store atmosphere, service quality, and perceived value has a positive and significant effect on customer satisfaction, both individually and simultaneously. These findings emphasize the importance of restaurant ambiance, service quality, and perceived value as essential drivers of satisfaction in the fast food sector. Theoretically, this study contributes to the enrichment  of service marketing literature, particularly the concept of customer experience based marketing in local culinary context. Practically, it offers insights for restaurant managers to enhance service quality, create greater experiential value, and strengthen competitiveness through the management of comfortable and modern dining environment.
 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuwardani, M., Wibowo, B. Y., & Setyawan, N. A. (2021). Analysis of Mie Gacoan Customer Loyalty through Customer Experience and Perceived Quality. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 936–945. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16437

Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Penyediaan Makanan dan Minuman 2023. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2024/12/23/f2c7743c4712aaeaa4abf694/statistik-penyediaan-makanan-dan-minuman-2023.html

Hartatik, H., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Ella Skin Care. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 8(1), 44–56. https://doi.org/10.47686/jab.v8i1.524

Hermanto, H., & Nainggolan, N. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Aneka Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, 11(01), 46–57. https://doi.org/10.52657/jiem.v11i01.1193

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-15). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Komala, C. C., Norisanti, N., & M. Ramdan, A. (2019). Analisis Kualitas Makanan dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen pada Industri Rumah Makan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i2.62

Law, A., Fridayani, L., & Maridjo, H. (2024). Store Atmosphere and Customer Satisfaction in the Food Service Industry. Journal of Marketing Research, 14(2), 211–225.

Lubis, S., Rahmadani, F., & Putri, N. (2023). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Riset Manajemen, 10(3), 221–232.

Munawwar, H., & Saefuloh, D. (2019). Pengaruh Nilai yang Dirasakan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Sepatu Olahraga Merek Lokal dan Internasional. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, Volume 10, 851–861. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1502

Raditya Satrya, M. A., & Sayang Telagawathi, N. L. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan KFC. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 236. https://doi.org/10.23887/bjm.v7i2.32134

Rahayu, I. S., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen KFC Di Surakarta. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(2), 111–118. https://doi.org/10.52643/jam.v12i2.2174

Rijali, N. F., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Owners Store Tanjung Tabalong. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 11(1), 43. https://doi.org/10.20527/jbp.v11i1.13123

Sisvanka, A., & Aziz, F. (2021). Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Konsumen Carne Smoked BBQ Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 203–212. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1954

Telagawathi, A. (2019). Dimensi Nilai dan Kepuasan Pelanggan dalam Industri Jasa Makanan. Jurnal Ekonomi Terapan, 4(1), 66–75.

Wijaya, S., Sari, D., & Rahman, A. (2024). Perceived Value and Customer Satisfaction in Culinary Businesses. International Journal of Business and Management Studies, 12(1), 55–68.

Wulandari, E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 89–101.

Yunardi, N. S. D., & Tjahjaningsih, E. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Resto Atmosphere Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 348–359.

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Wikasari, H., & Susanti, A. (2025). Pengaruh Store Atmosphere, Service Quality, Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mie Gacoan Di Wilayah Solo Raya. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(3), 1649–1660. https://doi.org/10.59086/jam.v4i3.1126