Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli

Authors

  • Denesti Hulu Universitas Nias
  • Yupiter Mendrofa Universitas Nias
  • Idarni Harefa Universitas Nias
  • Otanius Laia Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.1003

Keywords:

Influencer Marketing, Purchase Decision, Social Media, Honda, Gunun

Abstract

Pada era digital, influencer marketing menjadi strategi promosi populer karena mampu membangun kepercayaan dan memengaruhi keputusan pembelian, khususnya di kalangan generasi muda. PT Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan sepeda motor Honda melalui penelitian kuantitatif terhadap 100 responden dengan analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas dan keterlibatan influencer berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, meski kontribusinya hanya 16% dari seluruh faktor yang memengaruhi. Temuan ini sejalan dengan penelitian lain yang menegaskan peran kepercayaan dan profesionalisme influencer, namun faktor harga, kualitas produk, dan strategi pemasaran lain tetap dominan. Dengan demikian, influencer marketing efektif digunakan, tetapi perlu dipadukan dengan strategi pemasaran lain untuk hasil optimal.
 
In the digital era, influencer marketing has become a popular promotional strategy due to its ability to build trust and influence purchase decisions, especially among younger consumers. PT Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli applied this approach to boost Honda motorcycle sales, conducting a quantitative st5dy of 100 respondents using SPSS analysis. The results show that influencer credibility and engagement positively affect purchase decisions, though their contribution accounts for only 16% of influencing factors. This finding aligns with prior studies highlighting the importance of trust and professionalism, while price, product quality, and other marketing efforts remain key determinants. Thus, influencer marketing is effective but should be combined with other strategies for optimal results
 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abednego, F. A., Kuswoyo, C., Cen Lu, & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57–73. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i1.2558

Arhofa, G. A., & Andarini, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Apparel. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.3820

Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1450–1455. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462

Cahyadi, universitas buddhi dharma. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1, 60–73.

Damayanti, A., Arifin, R., & Rahmawati. (2023). Vol. 12. No. 01 ISSN : 2302-7061. Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518.

Dasser, A. M., Dotulong, L. O. ., & Loindong, S. S. . (2024). Pengaruh Corporate Reputation Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia Oleh Konsumen Desa Tateli Satu Yang Dimediasi Oleh Trust. 400 Jurnal EMBA, 12(03), 400–411.

Dwi Poetra, R. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Dwi Poetra, R. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Galih, firnas D., Susanto, B., & Farida. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Likuiditas terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Memperoleh Suistainability Reporting Award (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di ASRRAT dan SRA Tahun 2015-2020). Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 885–905. https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/7501

Ghozali. (2022). Metodologi Penelitian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Haikal, F., Islam, U., Sumatera, N., Saragih, L. N., Islam, U., Sumatera, N., Meyshinta, N., Islam, U., Sumatera, N., Syariah, P., Negeri, U. I., & Utara, S. (2025). PERAN INFLUENCER MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI E-COMMERCE. 3(1), 275–287.

Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Hastiana, A. T., & Astuti, R. D. (2023). Analysis of the influence of influencer marketing credibility on purchase intention in indonesian local brand skincare industry. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), 399–409.

Henry Simamora. (2019). Pengambilan Keputusan Bisnis. In jakarta: Salemba Empa.

Husen, A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang. Jurnal Economina, 2(6), 1356–1362. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.608

Ichwan, N. A. R., & Irwansyah. (2021). Pesan Persuasi Beauty Influencer Pada Akun Youtube Tasya Farasya Dalam Keputusan Pembelian Produk Kecantikan. Kareba : Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 18–33.

Iii, B. A. B. (2020). METODOLOGI PENELITIAN. 56–73.

Iii, B. A. B. (2020). METODOLOGI PENELITIAN. 56–73.

Jimea, Mea, I., Nyoman, N., Seruni, A., Suryaniadi, S. M., Indah, N., & Dewi, K. (2024). PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN BRAND AZARINE PADA GENERASI Z : STUDI KASUS KABUPATEN BADUNG JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(3), 885–900.

Jurnal, J., Mea, I., Nyoman, N., Seruni, A., Suryaniadi, S. M., Indah, N., & Dewi, K. (2024). PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN BRAND AZARINE PADA GENERASI Z : STUDI KASUS KABUPATEN BADUNG JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(3), 885–900.

Keiser, S., & Tortora, P. G. (2022). Social Media Influencer. The Fairchild Books Dictionary of Fashion, 2017, 143–143. https://doi.org/10.5040/9781501365287.2548.

Keiser, S., & Tortora, P. G. (2022). Social Media Influencer. The Fairchild Books Dictionary of Fashion, 2017, 143–143. https://doi.org/10.5040/9781501365287.2548

Khaerani, R. A., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Traveloka. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 310–317. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28097

Listra Situmorang. (2020). Pengaruh Influencer Marketing dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kembali Pada Produk Skin Care MS Glow di Kota Medan. Repository.Uhn.Ac.Id, 2020, 1–25.

Listra Situmorang. (2020). Pengaruh Influencer Marketing dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kembali Pada Produk Skin Care MS Glow di Kota Medan. Repository.Uhn.Ac.Id, 2020, 1–25.

Manik, C. D., Salim, A., & Sugiyarto, S. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 8(1), 25. https://doi.org/10.32493/skr.v8i1.9716

Marsha Putri, S., & Rosmita. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9. Jiabis: Jurnal Administrasi Bisnis Dan Ilmu Sosial, 2(113), 86–97.

Marsha Putri, S., & Rosmita. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9. Jiabis: Jurnal Administrasi Bisnis Dan Ilmu Sosial, 2(113), 86–97.

Mokoagow, M., Sendow, G., & Lumantow, R. (2061). Pengaruh Pemberdayaan Pegawai, Etos Kerja Dan Perilaku Organizational Citizenship Behaviour Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Walikota Kotamobagu the Effect of Employee Empowerment, Work Ethos and Organizational Citizenship Behavior on Employee Performan. Jurnal EMBA, 10(4), 2061–2071.

Mutiara, A. T., Sukoco, I., Barkah, C. S., Jamil, N., Novel, A., & Padjadjaran, U. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian produk scarlett whitening melalui peran influencer marketing. 22(3), 174–186.

Nisa, R. R. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthiness terhadap Keputusan Pembeliankosmetikmake Over (Di Royal Plaza). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 1–4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/30171/27649

Panjaitan, I. P., & Sitompul Ningsih, S. W. (2017). BAB II (1).pdf (pp. 25–26). http://repository.unimus.ac.id/774/3/BAB II.pdf

Rida Ayu Pratiwi, & Syaiful Syaiful. (2024). Pengaruh Independensi, Kompetensi Dan Tekanan Waktu Terhadap Kualitas Audit. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 34–44. https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.1978

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Downloads

Published

2025-09-04

How to Cite

Hulu, D., Mendrofa, Y., Harefa, I., & Laia, O. (2025). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 1437–1446. https://doi.org/10.59086/jam.v4i2.1003