Strategi Dalam Meningkatkan Hafalan Santri Tahfidz Al Qur’an

Authors

  • Akhodhatun Nikmah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Islamic Center Demak

Keywords:

Strategi, Tahfidz, Al Qur’an

Abstract

Setiap proses pembelajaran pasti menghadapi berbagai kendala yang menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pondok Pesantren Dhiyaul Qur’an di Dukuh Dombo, Desa Banjarsari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, memiliki metode tahfidz yang cukup baik. Namun, rendahnya semangat dan minat santri dalam menghafal Al-Qur’an menyebabkan proses penyelesaian hafalan menjadi cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran Tahfidzul Qur’an di pondok pesantren tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Dhiyaul Qur’an menerapkan beberapa strategi utama, yaitu: 1) pembentukan Majelis Tahfidz dengan metode tartilan, 2) intensifikasi setoran ziyadah, 3) setoran muroja’ah untuk hafalan terbaru, serta 4) pemberian motivasi, arahan, dan nasihat yang membangun pemahaman serta semangat santri dalam menghafal Al-Qur’an. Strategi-strategi tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan santri dan menjadi langkah konkret dalam mengatasi hambatan dalam proses pembelajaran tahfidz di pondok pesantren.

Every learning process inevitably faces various challenges that serve as evaluation material to improve the quality of education. Pondok Pesantren Dhiyaul Qur’an, located in Dukuh Dombo, Banjarsari Village, Sayung Subdistrict, Demak Regency, has a fairly good tahfidz method. However, the lack of enthusiasm and interest among students in memorizing the Qur’an causes the completion time of memorization to be relatively long. This study aims to identify the strategies implemented to enhance the effectiveness and efficiency of the Tahfidzul Qur’an learning process at the pesantren. The research employs a qualitative method with a phenomenological approach. The findings show that the pesantren applies several key strategies: 1) forming a Majelis Tahfidz using the tartilan method, 2) intensifying ziyadah (new memorization submission), 3) conducting regular muroja’ah (review of recent memorization), and 4) providing motivation, guidance, and advice related to Qur’anic memorization. These strategies are considered effective in improving the quality of students’ memorization and serve as concrete steps to overcome obstacles in the tahfidz learning process at the pesantren.

 

References

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press

Abidin, Amad Zainal. 2016. Metode Cepat Menghafal Juz ‘Amma, Yogyakarta: Mahabbah

Al Bukhori, Abu Abdillah Muhammad. 1987. Shahih al Bukhori, Beirut: Dar Ibnu Katsir,

Al Qurthubi. Tafsir Qurthubi. 2007. Jilid XVII. Terj. Fathurrahman dan Ahmad Khatib. Jakarta: Pustaka Azam

Depatemen Pendidikan Nasional. 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keenam Jakarta: Balai Pustaka

Fajar Istiqomah, Joko Subando, dan Ngatmin. (2024). metode dan Strategi Peningkatan Kualitas Tahfidzul Qur’an Santri Pondok Pesantren Masaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Al ‘Ulum Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.54090/alulum.296

Kurniawati, Dita, Nurul, Afifah, Ahmad Fauzan. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Shalat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Bagi Peserta Didik Kelas Iii Mi Tarbiyatul Athfal Wedung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Binagogik Vol 9 No. 1. https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.38

Masagus H.A. 2015. Fauzan Yayan, Quantum Tahfidz (Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Qur’an). Jakarta: Erlangga

Moleong, lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitif. Bandung: Rosdakarya

Muhammad, Abu Ja’far bin Jarir At Tabari. 2009. Tafsir At Tabari. Jakarta: Pustaka Azam

Muhammad Saifuddin. (2020). Stategi Pembelajaran Tahfidz al Qur’an Pondok Pesantern Darul ‘Ilmi Banjarbaru. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol. 20 No. 1 Tahun 2020. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v20i1

Nikmah, Aini Fadlun. dkk. 2024. Manajemen Pengelolaan Rumah Tahfidz Al Qur’an. Pekalongan: NEM

Nurchalis. Strategi Pembelajaran Al Qur’an Di Ma’had al Jami’ah UIN Ar Raniry Banda Aceh. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 17. No 1

Nur Asyifa ‘Aini, Laelatul Istiqomah, Prima Pramestiana Delianti, Muhammad Esa Prima Wibowo, dan Zakiyah. Pembiasaan Tahfidzul Qur’an dalam Meningkatkan Kecintaan Membaca al Qur’an Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 1 No. 1 Februari, 2023 : 47-58. https://doi.org/10.61813/jpmp.v0i0.59

Rokimi, Sofwan Manaf, Farhanudin Siregar. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Tahfidz al Qur’an di Pondok Pesantren. Edukasiana: Journal of Islamic Education. Volume 2 Issue 2. https://doi.org/10.61159/edukasiana.v2i2.135

Restiani, Dwi dkk. 2023. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Selat Media

Sa’dullah. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal al Qur’an. Gema Insani

Shihab, M. Quraish. 2005. Tafsir Al Misbah. Vol. 13. Jakarta: Lentera Hati

Syukri. 2019. Metode Khusus Pendidikan dan Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Kencana

Umar, Husein. 2001. Strategic Management in Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum

Wijaya, Erwin Kurnia. 2005. Magic Memory Al-Qur’an. Cet. I. Bandung: Pulpen Publishing

Yayan, Massagus H.A. Fauzan. 2015. Quantum Tahfidz (Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Qur’an). Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Nikmah, A. (2024). Strategi Dalam Meningkatkan Hafalan Santri Tahfidz Al Qur’an. Stigma Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 3(3), 10–17. Retrieved from https://jurnal.risetilmiah.ac.id/index.php/stigma/article/view/657