Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Rush Di Kota Medan Studi Kasus Konsumen Toyota Perintis Medan

Authors

  • Andyka rizky Saragih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Satria Mirsya Affandy Naustion Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59086/jeb.v2i2.301

Keywords:

Product Quality, brand image, consumer purchase decision

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian pelanggan Mobil Toyota Rush di Kota Medan, baik itu secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis linear berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan Mobil Toyota Rush di Kota Medan. Secara parsial citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan Mobil Toyota Rush di Kota Medan Secara simultan kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan Mobil Toyota Rush di Kota Medan. Nilai R sebesar 0,882 atau 88,2% yang berarti bahwa hubungan keeratan antara keputusan pembelian dengan variabel bebasnya, yaitu kualitas produk dan citra merek adalah erat. Pada nilai R-Square dalam penelitan ini sebesar 0,779 yang berarti 77,9% variasi dari keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel bebas yaitu kualitas produk dan citra merek. Sedangkan sisanya 22,1% dijelaskan oleh varibel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

The purpose of this study was to determine the effect of product quality and brand image on the purchasing decisions of Toyota Rush Car customers in Medan City, either partially or simultaneously. This study uses a quantitative approach. The analysis technique used in this research is multiple linear analysis technique. The results of the study partially show that product quality has a significant effect on purchasing decisions of Toyota Rush Car customers in Medan City. Partially, brand image has a significant effect on purchasing decisions of Toyota Rush Car customers in Medan City. Simultaneously, product quality and brand image have a significant effect on purchasing decisions of Toyota Rush Car customers in Medan City. The R value is 0.882 or 88.2%, which means that the relationship between purchasing decisions and the independent variables, namely product quality and brand image, is close. The R-Square value in this research is 0.779, which means 77.9% of the variation in purchasing decisions is explained by the independent variables, namely product quality and brand image. While the remaining 22.1% is explained by other variables not examined in this study

References

Agnes, W., Ligia, P.L., Mananeke, J., S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado, 4(2), 163–174.

Agus, A. R. (2016). Manjamen Pemasaran. Indomedia Pustaka.

Agustina, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya. Press.

Anastasia, U,. & Yulia, N. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra MerekTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah ManajemenKesatuan, 2(2), 181–190.

Arianty, N. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen handphone samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 68–81.

Arianty, N. (2016). Pengaruh Promosi dan Merek terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Dies Natalis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis USU.

Arif, M., & Syahputri, M. (2021). The Influence of Brand Image and Product Quality on Customer Loyalty with Consumer Satisfaction as a Intervening Variable at Home Industry. Journal of International Conference Proceedings., 4(2), 398–412.

Arif, M., Yusnandar, W., & Sirait, A. W. (2021). Pengaruh Publik Figur, Citra Merek Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Medan. Jurnal Salman (Sosial Dan Manajemen), 2(1), 11–18.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran,. Raja Grafindo Persada.

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu MAKMAMI, Jurnalerek Converse. Jurnal AKMAMI, 2(1), 204–211.

Basri, M. (2021). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Blender Pada PT. National Super Medan. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 930–942.

Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(1), 92–121.

Daft, R. L. (2012). Era Baru Manajemen. Salemba empat.

Daulay, R. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Mandiri Syariah Di Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 12(1), 1–15.

Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta.

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2020). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 53-68.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Prosiding: ISSN: 2621 - 1572 The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018 “Pemberdayaan dan Pengua. Prosiding: The National Conferences Management and Business (NCMAB), 689–705.

Fatmaningrum, S. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea”Kualitas Produk dan Citra Merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 1–12.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23. Indomedia Pustaka.

Gitosudarmo, I. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 1). BPFE.

Gultom, D. K. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 81–94.

Hanafi, A., & Wahab, Z. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Perpanjangan Sewa Penyewa Kios Di Palembang Square Mall (Ps Mall). Jurnal Manajemen, 20(3), 488–506.

Harahap, S. F., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120–135. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4866

Hasan. A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasu Pilihan. Caps.

Hermawan, K. (2015). On Marketing Mix Seri 9. Elemen Marketing. Mizan.

Jamilah, S. R., & Habra, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kosmetik Emina (Studi Kasus Konsumen Studi Kasus Konsumen Produk Kosmetik Emina Di Desa Tanjung Morawa A Dusun II Kabupaten Deli Serdang). Movere Journal, 4(1), 19–28.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodelogi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Umsu Press.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(3), 1252–1259.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Erlangga.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Binsis, 16(2), 1–11.

Muslih, M. Nasution, M. I., & Kiki, M. (2021). The Influence Of Celebrity Endorser And Product Quality On Purchase Decisions Through Brand Image As Intervening Variables In “Wardah” Cosmetics. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 2(1), 412–432.

Nasution, A. F. & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia. 83-88.

Nasution, A. E. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 91–96.

Nasution, S. M. A. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 1-12.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 1–7.

Nasution, S. M. A. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 1–13.

Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan,. Alfabeta.

Purnama, N. I., Ramadhan, A., & Kurniawan, R. (2021). The Influence Of Price, Promotion And Product Quality On Samsung Smartphone Purchase Decisions In UMSU Students. 522–532.

Ramadoni, M. F. (2018). Pengaruh Efektivitas Iklan Televisi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Susu Ultra Milk (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Widya Gama Lumajang). JOurnal of Organization Adn Business Management, 2(1), 121–128.

Rusiadi, R. (2014). Metode Penelitian, manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos dan Lisrel Cetakan Kedua. USU Press.

Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2015). Metodologi Penelitian- Pendekatan Praktis dalam Penelitian. C.V Andi Offser (Penerbit Andi).

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2015). Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition.

Sedarmayanti, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima. Refika Aditama.

Sopiah, S., & Sangaji, E. M. (2014). Salesmanship (Kepenjualan). Bumi Aksara.

Sudana, I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kober Mie Setan (Study Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). Jurnal Widyadari, 22(2), 555–561.

Sudjana, S. (2015). Metode Statistika. Tarsito.

Sugiyono, S. (2017a). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methodes) (Sutopo (ed.); 9th ed.). Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif dan R & D.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Supriyadi, S., & Fristin, Y., & Indra, G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 247–259.

Thamrin. A. (2012). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.

Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi.

Ummu, H., & Sumiati, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. JEB17, 1(1), 31–48.

Published

2023-06-21

How to Cite

Saragih, A. rizky, & Naustion, S. . M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Rush Di Kota Medan Studi Kasus Konsumen Toyota Perintis Medan. Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.59086/jeb.v2i2.301