Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.59086/jam.v3i1.426Keywords:
Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Perkembangan zaman dan perkembangan teknologi membuat banyak orang menginginkan sesuatu yang praktis dan instan. Salah satu yang banyak dipilih adalah produk makanan cepat saji untuk memenuhi kebutuhan primernya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah 100 orang responden pelanggan KFC Girian yang dipilih berdasarkan metode Purposive Sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda dengan hasil Y = 6,536 + 0,269 + 0,640. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan serta berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. KFC Girian harus mempertahankan harga untuk tetap terjangkau serta memperbaiki kualitas pelayanannya terutama layanan antar agar pelanggan merasa puas dan tetap setia berbelanja disana.
The times and developments in technology have made many people want something practical and instant. One thing that many people choose is fast food products to fulfill their primary needs. The aim of this research is to determine the effect of Price (X1) and Service Quality (X2) on Customer Satisfaction (Y). The type of research used is quantitative research. The respondents of this research were 100 KFC Girian customer respondents who were selected based on the Purposive Sampling method. Analysis of this research data used Multiple Linear Regression with the result Y = 6.536 + 0.269 + 0.640. The research results show that price and service quality partially have a positive and significant effect and simultaneously influence customer satisfaction. KFC Girian must maintain prices to remain affordable and improve the quality of its services, especially delivery services, so that customers feel satisfied and remain loyal to shopping there.
Downloads
References
Dharmmesta, B. S.. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro: Semarang
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal.
Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen Stiami, Jakarta
Harahap, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Cepat Saji KFC Cabang Asia Mega Mas Medan. E-Jurnal Manajemen Universitas Pembangunan Panca Budi Vol
No 1.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Haqi, Muhammad Syahrul dan Nimati Rahmatika. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Jasa Layanan Grab Food Di Jombang, Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis, Vol. 4 No. 1 (Mei, 2020), 43.
Kotler, Philip dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta. Kotler, P & Gary Amstrong. (2011). Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P., & Gary Amstrong. (2014). Marketing Management. Terjemahan oleh Bob Sabran. Edisi 13. Jakarta:
Erlangga
Kotler, P., & Gary Armstrong. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Peter, J. P. & Jerry C. Olson. (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit
Erlangga
Putra, Fahrainsyah Wahyu. 2018. Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas
Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Rumah Makan Bakmi Tungku di Kabupaten
Badung). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 1
Sangadji, Etta Mamang; Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: In Media.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Tjiptono, F, & Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta: Andi.
Widiyanto, Ghalih Galang Tangguh (2018) Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Harga terhadap
Kepuasan Pelanggan Go-Ride (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
angkatan 2016/2017 dan 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Zeithaml, V. A. & Mary Jo Bitner. 2008. Service Marketing. Jakarta. Global Books Indonesia : The McGraw Hill Companies
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stephanie Mervin Tooy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access journal. All works are published under the Creative Commons license CC-BY which means that all content is freely available at no charge to the user or his/her Institution. Users are allowed to read, download, copy, write, improve, and create derivative creation even for other lawful purposes, this license permits anyone to, as long as they cite and license the derivative creation under similar terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.