Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Pusat Grosir Solo di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dhany Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ismunawan Ismunawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59086/jak.v1i3.153

Keywords:

Creative economy, , MSMEs, income, covid-19 pandemic

Abstract

This study aims to determine the role of the creative economy in increasing the income of MSMEs at the Solo Wholesale Center during the Covid-19 pandemic. This study applies a qualitative descriptive approach. Data collection techniques apply interview, observation, and documentation techniques. The data analysis method uses an interactive model consisting of four steps of analysis, namely data collection, presentation, data reduction, and drawing conclusions. The results of the study show that the creative economy implemented by traders at PGS Solo has a positive influence on business continuity, although the increase in income obtained has not been able to cover the decrease in income felt during the Covid-19 pandemic. The creative economy is able to foster enthusiasm and optimism to survive and rise in running a business during the Covid-19 pandemic.

 

References

As’ad Sonief, A., Nuraini, Y., & Arief Setyabudi, S. 2019. Digitalisasi Industri Kecil Dan Produk Pertanian Daerah Upaya Untuk Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Journal of Innovation and Applied Technology, 5(1), 842–847.

Boediono. 2013. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE

Donald, B., M.S. Gertler and P. Tyler. 2013. “Creatives after the crash.” Cambridge Journal of Regions, Economy and Society 6 (1) pp. 3–21.

Dewi, S., Sokarina, A. ., & Mariadi, Y. M. (2022). Kinerja Sektor Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Teori Isomorfisma Institusional. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 256–266.

Hawa, S., Sokarina, A. ., & Suryantara, A. B. . (2022). Peran Bumdes Maria Maju Untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi (Studi Kasus Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima). Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 1(2),

Komang Suwartawan dan Purbadharmaja. 2017. Pengaruh Modal dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Melalui Pengerajin Patung Kayu di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol. 6 No. 9 (September 2017): 1633.

Muhammad Rifa’i, Totok Sasongko, Poppy Indrihastuti. 2019. Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Inovasi Dan Orientasi Pasar Pada Usaha Sektor Industri Kreatif Di Kota Malang. Jurnal EKBIS / Vol. XX /No. 1 Edisi Maret 2019

Muis, Afni Regita Cahyani. 2019. Sustainable Competitive Advantage Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Dinamika Perdagangan Internasional. Deepublish Publisher. Sleman.

Muis, Afni Regita Cahyani. 2019. Sustainable Competitive Advantage Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Dinamika Perdagangan Internasional. Deepublish Publisher. Sleman.

Murni, S dan Rekha. 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Pendapatan Pengrajin Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Pada Industri Bordir Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie). JIMEBIS – Volume2 Nomor 1 Mei 2021 | 32

Setiawan, Diki dan Candra Aeni. 2020. Strategi Pemasaran Pada Umkm Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Mempertahankan Usaha Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Ig Farm Di Paciran Lamongan). Jurnal Oportunitas Unirow Tuban Vol.01, No.02, Tahun 2020

Sugiarto, Eddy Cahyono. 2018. Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia. Retrieved from https://www.setneg.go.id/baca/index/ekonomi_kreatif_masa_depan_

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 mengenai Usaha Mikro, Kecil & Menengah

Zakka, Nizam Arrizal dan S Sofyantoro. 2020. Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan dan Inovasi Daerah Vol. 2, No. 1, Juni 2020, Hal 39-48

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Prasetyo, D., & Ismunawan, I. (2022). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Pusat Grosir Solo di Masa Pandemi Covid-19. Mandiri : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(3), 73–83. https://doi.org/10.59086/jak.v1i3.153